UncategorizedWisata Jakarta

Menyelami Eksotisme Bawah Laut dan Sejarah di Pulau Panggang

Siapa bilang Kepulauan Seribu Cuma punya Pulau Tidung, Pramuka, Harapan, Bidadari daan pulau-pulau besar yang lebih sering didengar namanya oleh wisatawan? Kepulauan Seribu memiliki beragam pulau beraneka ragam dengan keunikannya masing-masing.

foto : commons.wikimedia.org
foto : commons.wikimedia.org

Pulau Panggang merupakan pulau yang termasuk paling padat penduduknya di Kepulauan Seribu. Pulau yang hanya memiliki jalan-jalan setapak ini belum banyak mengalami perkembangan. Dampak kepadatan penduduk menyebabkan degradasi kualitas lingkungan seperti pencemaran perairan laut, kerusakan terumbu karang, abrasi dan reklamasi sporadis.

foto : williamsusanto.com
foto : williamsusanto.com

Pulau ini merupakan pulau yang masih bersih disebabkan lokasi yang cukup jauh. Kondisi air yang bersih dan jernih membuat kehidupan dan keindahan bawah lautnya terjaga. Kecuali beberapa kerusakan yang disebabkan oleh kepadatan penduduk yang harus segera ditanggulangi ini. Di Pulau ini kamu tidak akan menemukan penginapan, meski begitu pulau ini tengah ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin diving dan snorkeling. Di tempat ini tersedia penyewaan alat selam plus dengan pemandunya.

foto : blogformalis.wordpress
foto : blogformalis.wordpress

Pesona Pulau Panggang ini tak kalah eksotis dan menawannya dari pulau-pulau yang lain. Di pulau ini kamu bisa mendapatkan suasana sepi yang menenangkan. Pulau yang dapat dicapai dari dermaga Muara Angke ini memiliki sejarah yang unik dan menarik.

Foto dari www.j
Foto dari www.j

Jadi, Pulau Panggang ini memang cukup menarik untuk dikunjungi. Selain memanjakan mata, kamu juga akan disodorkan cerita sejarah populer masyarakat setempat yang sungguh menarik. Pulau Panggang juga memiliki event festival setiap tahunnya yang perlu dilestarikan dan dikembangkan dalam rangka menjaga budaya aslinya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *