Gunung

Menikmati Keindahan Pacitan Dari Puncak Gunung Lanang

Pacitan selain terkenal dengan deretan pantainya yang indah serta memiliki banyak goa yang sangat mempesona, ada tempat wisata lagi yang menjadi tujuan favorit para Wisatawan di kota seribu satu goa ini. Namanya Gunung Lanang Yang merupakan puncak perbukitan di daerah Pacitan. Gunung Lanang terletak di Dusun Ketro Desa Punjung Kecamatan Donorejo, Pacitan. Gunung ini merupakan salah satu titik tertinggi di kota Pacitan.

Photo. akutahupacitan.blogspot.com
Photo. akutahupacitan.blogspot.com

Gunung Lanang merupakan bagian dari gugusan Gunung Limo dan merupakan puncak tertinggi kedua di Pacitan setelah Gunung Sepang. Namun, Gunung Lanang memang lebih terkenal dan menjadi tujuan wisatawan. Gunung Lanang menawarkan pesona keindahan alam yang mempesona buat para pecinta gunung. Di gunung ini kita bisa menyaksikan indahnya kota Pacitan dari atas, tak hanya itu Puncak bukit ini menawarkan pesona sunset dan juga sunrise yang indah. Pemandangan laut biru terbentang dari atas bukit, saat malam hari kita juga bisa melihat suasana malam Pacitan, tempat yang sempurna untuk melakukan City Light Hunting.

Photo. infopacitan.com
Photo. infopacitan.com

Gunung Lanang sebenarnya memiliki dua puncak, namun hanya ada satu puncak yang bisa di kunjungi karena puncak satunya hanya berupa bongkahan batu besar yang licin. Untuk sampai ke puncak gunung ini juga tak terlalu susah, kita bisa memakai kendaraan roda dua dan memarkirkannya di gerbang jalur pendakian atau di dekat rumah penduduk setempat. Dari lokasi parkir menuju ke puncak kita trekking selama kurang lebih 15 menit dengan jalur setapak dan menanjak di beberapa tikungannya. Tak perlu kuatir sebab jika sudah di puncak semua akan terbayarkan dengan pemandangan alamnya yang mempesona.

Photo. brobali.com
Photo. brobali.com

Rute menuju gunung ini cukup mudah karena lokasinya tak jauh dari pusat kota Pacitan. Dari pusat kota kita menuju jalur Pacitan-Tulakan-Lorok dengan jalur yang sudah beraspal namun berkelok kelok. Sekitar 10 km akan sampai di puncak tanjakan(stasiun relay TVRI di Wonogondo). Perhatikan kanan jalan ada pertigaan belok kanan sekitar 200 meter bertemu pertigaan lagi ambil ke kanan ke arah desa Punjung. Ikuti jalan utama sampai bertemu Balai Desa Punjung, di depan balai desa belok ke arah kiri ke jalan Rabat lanjut ke jalan Makada yang menanjak, di akhir tanjakan kita sudah masuk di kawasan Gunung Lanang.

Photo. brobali.com
Photo. brobali.com

Ada beberapa tips yang perlu kita perhatikan saat menuju ke Gunung ini guys,baiknya kita berkunjung pada saat pagi hari untuk melihat sunrise dan sore hari untuk menikmati sunset, selain itu jika kita mendirikan tenda usahakan menggunakan bivak(penangkal terpaan angin),hal ini untuk berjaga jaga menghindari terpaan angin kencang karena di gunung ini sangat minim penghalang selain batu batu besar yang menjulang tinggi. Kita bisa mendirikan tenda di belakang batu batu besar ini guys. Sangat di anjurkan menuju kesini menggunakan kendaraan roda dua dan selalu jaga kebersihan dengan membuang sampah di tempatnya.

Photo. infopacitan.com
Photo. infopacitan.com
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close