PantaiPulau

Mengintip Keanggunan Pantai Temajuk, Kalimantan Barat

Wisata pantai adalah jenis objek yang paling diminati para pecinta wisata air. Selain menawarkan segar dan dinginnya air laut, pemandangan laut lepas dan udara segarnya mampu memecah kepenatan pengunjungnya. Provinsi Kalimantan Barat mengajak kita untuk menengok slaah satu pantainya yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia yaitu Pantai Temajuk.

sumber foto: ksmtour.com

Dinamakan Pantai Temajuk, karena secara administratif pantai tersebut terletak di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat. Bahkan lokasinya sangat dekat, hanya berjarak kurang lebih 4km dari TelukΒ  Melano, Malaysia. Lokasinya bisa diaksesdari Kota Singkawang menuju Kartiasa dilanjutkan dengan menyeberangi kapal Feri menuju Teluk Kalong. Setelah sampai di Pulau Kalong silahkan lanjutkan ke arah Paloh dusun Ciremai desa Temajuk. Kondisi akses jalannya pun bisa dibilang sulit dan ekstrem, selain kita harus menyeberang dengan kapal-kapal yang bisa dibilang lumayan menguras kantong untuk tiap sepeda motor maupun mobil.

sumber foto:travel.kompas.com

Walaupun penuh perjuangan, namun jangan menyerah begitu saja. Sebab, setibanya di Pantai Temajuk kamu bakalan dibuat takjub akan keindahan pesona pantainya yang masih begitu alami. Garis pantai di Desa Temajuk membentang sepanjang 60km, sehigga tak heran jika di pesisir pantainya dapat kita jumpai telur-telur penyu yang menjadi karakteristik pantai Temajuk. Tak hanya itu, keunikan lain dari Pantai Temajuk yaitu terdapatnya ubur-ubur yang akan menarik perhatian pengunjung.Β  Daya tarik pasir putihnya pada saat air surut membuat gugusan bebatuan di laut mulai tampak diselingi jernihnya air di Pantai ini.

sumber foto:travel.kompas.com

Menikmati udara segar Pantai Temajuk sambil berjalan-jalan di sekitaran pinggiran pesisir garis pantai, kamu juga bisa menikmati indahnya super sunset dari dermaga Pantai. Menariknya lagi pada bulan-bulan tertentu, saat air laut sedang pasang ombaknya bisa mencapai ketinggian hingga 2 meter lebih. Tentu hal ini menjadi daya pikat tersendiri bagi kalian yang ingin mencoba sensasi skydiving maupun berselancar. Ayo kesini dan bantu mempromosikan wisata di perbatasan Kalimantan ini !!

sumber foto:travel.kompas.com

 

Sumber referensi : travelmatekamu.com & travel.kompas.com

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

1 thought on “Mengintip Keanggunan Pantai Temajuk, Kalimantan Barat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *