Museum & SejarahSeni & Budaya

Mengenal Rumah Baloy, Rumah Adat Kalimantan Utara

Rumah Baloy adalah rumah adat provinsi termuda Indonesia yakni Kalimantan Utara. Rumah Baloy sendiri bentuknya sangat unik sedikit berbeda dari rumah adat lainya di Kalimantan. Rumah Baloy merupakan perpaduan kebudayaan seni arsitektur dari masyarakat suku Tidung salah satu suku tertua yang ada di Tarakan Kalimantan Utara.

foto : lihat.coid

Provinsi Kalimantan Utara merupakan provinsi yang sangat baru di Indonesia dan berada di sisi utara Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Utara dibentuk pada tahun 2012 dan sebelumnya daerah yang ada di provinsi Kalimantan Utara adalah pecahan dari provinsi Kalimantan Timur.

kerajinan khas kalimantan utara di Rumah Baloy (foto : pesonatimur.com)

Kota Tanjung Selor terpilih menjadi ibukota provinsi Kalimantan Utara. Kalimantan Utara sendiri berbatasan dengan Negara Malaysia. Sebelah utara berbatasan dengan Sabah dan sebelah barat dengan Serawak Malaysia. Sedangkan sebelah timur berbatasan dengan Laut Sulawesi dan sebelah selatan dengan Provinsi Kalimantan Timur.

foto : naldoleum.blogspot.co.id

Rumah adat Baloy berbahan dasar kayu ulin yakni kayu khas masyrakat setempat yang cukup bagus dan awet. Rumah Baloy biasanya dibangun menghadap kearah utara. Pintu utamanya sendiri akan menghadap kearah selatan.

foto : @dhitofachru

Didalam Rumah adat Baloy terdapat empat ruang utama yang biasa disebut Ambir, yaitu :

Ambir Kiri (Alad Kait)
Adalah ruangan atau tempat yang dijadikan untuk menerima masyarakat yang ingin mengadukan perkara, atau membahas masalah adat.

Ambir Tengah (Lamin Bantong)
Adalah tempat utama pemuka adat bersidang untuk memutuskan perkara sebuah masalah adat.

Ambir Kanan (Ulad Kemagot)
Bagian bangunan ini merupakan ruang yang digunakan untuk beistirahat atau ruang untuk berdamai setelah selesainya perkara adat.

Lamin Dalom
Adalah singgasana Kepala Adat Besar Dayak Tidung.

Bagian dalam Rumah Adat Baloy (foto : @dhitofachru)

Lubung Kilong
sebuah bangunan ditengah kolam. Bangunan ini adalah sebuah tempat untuk menampilkan kesenian suku Tidung, seperti Tarian Jepen.

foto : naldoleum.blogspot.co.idLubung Intamu
Tempat pertemuan masyarakat adat yang lebih besar, seperti acara pelantikan (pentabalan) pemangku adat atau untuk acara musyawarah masyarakat adat se-Kalimantan.

 

Refrensi : Wikipedia

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *