Museum & Sejarah

Melihat Situs Megalitikum di Bori Kalimbuang Toraja Utara

Bori Kalimbuang adalah Salah satu destinasi wisata Sejarah yang ada di Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Wisata sejarah Bori Kalimbuang merupakan situs megalitikum yang hingga saat ini masih bisa kita lihat dan bisa kita pelajari. Tak heran bila banyak sekali wisatwan khususnya kalangan pelajar sengaja datang ke situs bersejarah ini untuk belajar langsung mengenai zaman megalitikum.

foto : pathismygoal.com

Bori Kalimbuang sendiri terletak sekitar 9 km sebelah utara Rantepao di kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara. Kita harus Melewati jalanan pedesaan yang sepi dengan pemandangan hamparan sawah hijau dan kuning yang sangat luas. Jalan menuju tempat inipun sudah sangat baik bisa ditempuh dengan berbagai kendaraan bermotor.

foto : Tempo
foto : tekno kompas

Yang menarik dari Bori Kalimbuang adalah  batuan purbakala yang masih banyak tersedia disekitar kawasan situs megalitikum. Ratusan buah menhir atau batu tunggal yang berdiri kokoh dengan ketinggian yang berbeda-beda. Hal itu menciptakan sebuah pemandangan unik dan sanga instagenik tentunya selain ilmunya yang bisa kita pelajari juga.

foto: Tempo
foto : Travelingyuk

Di Bori Kalimbuang  juga terdapat sebuah bangunan yang disebut balakkayan. Balakkayan sendiri merupakan tempat membagikan daging hewan saat upacara pemotongan hewan. Selain balakkayan, juga ada sebuah bangunan yang disebut Lakkiaan. Lakkian ini diperuntukan sebagai tempat jenasah disemayamkan saat upacara adat akan dilangsungkan.

foto : indonesia-tourism.com

Harga tiket masuk kawasan wisata situs megalitikum Bori Kalimbuang Toraja ini dipatok cukup bersahabat yakni Rp 10.000 / wisatawan. Tentunya pemandangan yang disuguhkan sangat menarik dan juga memberikan nilai pelajaran tersendiri tentang bagaimana kehidupan masyarakat setempat pada masanya. Kini wisata Bori Kalimbuang Toraja Utara tak hanya menjadi destinasi wisata sejarah dikalangan pelajar saja namun juga wisatawan lainya yang datang ke Sulawesi dan sengaja ingin melihat langsung keindahan Bori Kalimbuang.

 

Tags
Show More

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *