Museum & Sejarah

Melihat Jejak Kerajaan Bulungan di Museum Kesultanan Bulungan

Kabupaten Bulungan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Tanjung Selor. Nama Bulungan sendiri berasal dari sebuah Kesultanan yang pernah ada di daerah tersebut yaitu Kesultanan Bulungan yang berkedudukan di Tanjung Palas.

foto : @ruangfoto

Kabupaten Bulungan sebelumnya merupakan wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Namun Sejak tahun 1999, kabupaten ini telah dimekarkan menjadi tiga kabupaten dan satu kota masing-masing Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan dan Kota Tarakan. Pada tahun 2013, keempat wilayah otonom tersebut beserta Kabupaten Tana Tidung memisahkan diri dari Kalimantan Timur dan menjadi wilayah provinsi baru Kalimantan Utara.

foto : @reonaldfs

Kesultanan Bulungan atau Bulongan adalah kesultanan yang pernah menguasai wilayah pesisir Kabupaten Bulungan, Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, Kota Tarakan dan Tawau,Sabah sekarang. Kesultanan ini berdiri pada tahun 1731, dengan raja pertama bernama Wira Amir gelar Amiril Mukminin (1731–1777), dan Raja Kesultanan Bulungan yang terakhir atau ke-13 adalah Datuk Tiras gelar Sultan Maulana Muhammad Djalalluddin (1931-1958).

foto : @ugan_nugraha

Negeri Bulungan (Negeri Merancang) bekas daerah milik “negara Berau” yang telah memisahkan diri[3] sehingga dalam perjanjian Kesultanan Banjar dengan VOC-Belanda dianggap sebagai bagian dari “negara Berau” (Berau bekas vazal Banjar yang diserahkan kepada VOC-Belanda).Pada kenyataannya sampai tahun 1850, Bulungan berada di bawah dominasi Kesultanan Sulu.

foto : @ugan_nugraha

Mengingat Bulungan adalah sebuah kota bersejarah dimana pada masanya merupakan sebuah kesultanan maka dikota Tanjung Selor dibangun sebuah museum Kesultanan. Objek Wisata Sejarah Museum Kesultanan Bulungan menyimpan sejarah kejayaan dan identitas masyarakat Bulungan. Meski pada tahun 1964 Bangunan Kesultanan Bulungan pernah terbakar namun masih banyak menyimpan sisa peninggalan dimasanya seperti benda-benda bersejarah peninggalan Kesultanan Bulungan seperti Tempat Tidur Sultan, foto-foto, kursi, meja, dan duplikat baju kebesarannya.

foto : foto : indonesiakaya.com

Peninggalan Kerajaan Bulungan yang masih bisa kita lihat adalah alat perang yang berupa meriam bernama Melati, Rindu, dan Dendam. Ketiga meriam ini sekarang disimpan di Kesultanan Bulungan Tanjung Palas. Anda juga dapat mengunjungi makam keluarga Datu Adil yang berada di Desa Salimbatu. Lokasi ini hanya dapat dicapai lewat jalur sungai dengan waktu tempuh 30 menit. Konon ceritanya, Datu Adil adalah kerabat Kesultanan Bulungan yang terkenal sebagai pemimpin yang adil dan bijaksana.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
foto : indonesiakaya.com

Museum Kesultanan Bulungan berada di Tanjung Palas Tengah,Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Museum Kesultanan Bulungan buka setiap hari kecuali hari selasa dan mulai dibuka dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 15.00 sore. Buat kalian yang ingin mengenal Kesultanan Bulungan dan sejarahnya, silahkan datang ke Museum Kesultanan Bulungan.

Sumber  : wikipedia,

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

1 thought on “Melihat Jejak Kerajaan Bulungan di Museum Kesultanan Bulungan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close