Liputan Trip Pulau Cipir, Kelor dan Onrust. Serunya Jalan-jalan Dengan Harga Murah!

Ingin jalan-jalan yang tak jauh dari ibu kota tapi dengan biaya murah dan wisata yang cukup lengkap, ikut saja One Day Trip (ODT) ke tiga pulau di Kepulaauan Seribu!

Pulau Cipir, Kelor dan Onrust memiliki jarak yang berdekatan satu dengan yang lainnya. Tak jarang banyak sekali Open Trip (OT) yang mengadakan trip ke tiga pulau ini. Sama halnya dengan Backpacker Jakarta yang mencari barengan atau sharecost ke Pulau Cipir, Kelor dan Onrust.

Berangkat dari Dermaga Muara Kamal

Pada 17 Juni 2023, untuk ke-15 kalinya Backpacker Jakarta (BPJ) mengeksplorasi tiga pulau yang berada di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu ini dengan biaya sharecost Rp 101.617 untuk member BPJ dan Rp 141.617 untuk nonmember BPJ.

Dikoordinir oleh dua orang CP, Moses dan Ifah, serta dua CP Backup, Kiky dan Deny Oey, One Day Trip Pulau Cipir, Kelor dan Onrust pun berangkat dengan meeting point (mepo) Dermaga Muara Kamal.

Jam 07.30 WIB, sebanyak 34 peserta yang sudah berkumpul di mepo berangkat dengan kapal selama kurang lebih satu jam hingga tiba di destinasi pertama, Pulau Onrust. Pulau ini sarat akan sejarah dari zaman Hindia Belanda, Orde Lama hingga Orde Baru.

Pulau Onrust juga terkenal sebagai tempat karantina calon jamaah haji yang akan diberangkatkan ke Arab Saudi. Karena transportasi saat itu menggunakan kapal laut, jadilah untuk satu kali perjalanan haji pulang-pergi membutuhkan waktu 6-12 bulan.

Penjelasan oleh guide di Pulau Onrust

 

Di Pulau Onrust kita bisa melihat sisa-sisa bangunan bersejarah, Rumah Dokter yang dijadikan museum hingga pemakaman Belanda di dekat pohon besar. Banyaknya pohon-pohon yang tumbuh di sekitar pulau seluas 3,5 kmĀ² tersebut juga membuat Pulau Onrust terasa asri dan alami.

Perjalanan dilanjutkan ke Pulau Kelor yang jaraknya tak jauh dari pulau pertama. Pulau yang dulu bernama Pulau Kerkhoff ini menawarkan pantai pasir putih dan situs bersejarah. Di sini kita akan mengunjungi Benteng Martello, salah satu bangunan yang dibangun pada abad ke-19 sebagai sistem pertahanan dari serangan-serangan musuh.

Benteng Martello menjadi salah satu daya tarik jika berwisata ke Pulau Kelor untuk sekedar berswafoto atau berburu konten media sosial. Keindahan bangunan yang kini sudah jadi cagar budaya itu karena persis berada di bibir pantai membuat siapapun ingin mengabadikan momen di sana.

Keindahan Benteng Martello

 

Keindahan Pulau Onrust

Perjalanan dilanjutkan lagi ke destinasi terakhir, Pulau Cipir. Berbeda dengan dua pulau sebelumnya, pulau yang bernama asli Pulau Kuyper ini lebih besar dan lebih ramai. Di pulau ini kita akan melihat sisa-sisa bangunan rumah sakit yang digunakan sebagai tempat karantina dari pasien penyakit menular, dan juga jadi tempat pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji yang akan berangkat lewat jalur laut.

Pulau Cipir juga menawarkan berbagai atraksi wisata berupa wahana olahraga air seperti jet ski hingga banana boat. Selain itu sisa-sisa bangunan di pulau ini membuat pemandangannya indah sekaligus artistik.

 

Pulau Cipir dengan landmark ikoniknya

Puas menikmati perjalanan ke tiga pulau, jam 14.00 WIB rombongan pun naik ke kapal untuk kembali ke mepo semula. Setelah satu jam perjalanan, kami tiba di Dermaga Muara Kamal dan peserta pun kembali ke rumah masing-masing.

Trip ODT Pulau Cipir, Kelor dan Onrust juga semakin istimewa karena didokumentasikan dengan produk Xiaomi terbaru, Redmi Note 12 Pro. Dengan layar AMOLED 6,67 inci dan sensor kamera 108 MP membuat smartphone ini mampu menangkap cahaya dengan lebih baik dan pengambilan gambar jadi lebih jernih.

Jadi untuk healing tipis-tipis kita tidak butuh biaya yang besar, kan. Selain dapat stok konten untuk diunggah ke media sosial, kita juga dapat kebahagiaan dan pengalaman berkunjung ke tempat baru dan mendapatkan teman-teman baru.

CP ODT 3 Pulau

Sampai bertemu lagi di trip-trip yang seru lainnya, dan pastinya tidak menguras kantong. See u…

Author : Deny Oey

Hits: 153

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok.

Instagram : @backpackerjakarta
Tiktok : @backpackerjakarta
Twitter : @official_bpj
Facebook : backpackerjakarta
Group Wa : 081237395539

Baca Artikel Lainnya