Seni & Budaya

Kuburan Goa Londa – Toraja

Goa Londa adalah salah satu goa makam yang menjadi tujuan favorite di Tana Toraja. Goa ini terletak pada sisi batu karang yang di dalam nya terdapat peti-peti mayat ( Erong ) yang diatur dan dikelompokkan berdasarkan garis keluarga.

foto : @tinitalibo

Setiap suku pasti memiliki adat dan kepercayaan masing masing untuk menghormati serta menguburkan kerabat mereka yang sudah meninggal. Salah satu nya adalah penduduk Tana Toraja yang memiliki prosesi penguburan dengan cara yang paling menarik yang biasa disebut dengan Rambu Solo dan prosesi inilah yang membuat para wisatawan tertarik untuk melihat langsung prosesi adatnya yang hanya dapat di temui di Tana Toraja, Makasar, Sulawesi Selatan.

Kuburan Goa Londa - Toraja

foto : indonesia360

Goa Londa berada di desa Sendan Uai, Kecamatan Sanggalangi dan lokasinya kurang lebih berjarak 7 – 8 km dari selatan Kota Rantepao. Untuk bisa menapakkan kaki di gua makam Londa ini, kalian harus menuruni beberapa anak tangga dan pasti kan kalian menyewa lentera berbentuk petromak dari penduduk di area goa karena diperlukan sebagai penerang selama kalian menelusuri goa yang memiliki panjang kurang lebih 1.000 meter. Dan untuk biaya sewa petromak nya sendiri ditarifkan sekitar Rp 25.000 untuk serombongan 4 – 5 orang yang sekaligus mendapatkan 1 guide yang bisa menjelaskan secara detail mengenai Goa Londa.

Kuburan Goa Londa - Toraja 2

foto: uniqpost

Sebelum kalian memasuki Goa Londa, kalian akan melihat patung patung replika ( miniatur ) yang di buat sesuai bentuk rupa jenazah nya dan biasa disebut sebagai Tau Tau dan hanya kalangan yang memiliki status sosial tinggi yang membuatnya karena pembuatan Tau Tau sendiri memakan biaya yang tidak sedikit. Dan bukan hanya itu, disederetan Tau Tau terdapat Peti Mati ( Erong ) di atas tebing dan peti ini merupaka milik kaum bangsawan karena semakin tinggi letak petinya maka semakin tinggi pula derajat jenazah yang dikubur di sana. Begitu banyak prosesi upacara adat yang harus dilewati itu dikarenakan penduduk Tana Toraja  sangat menghargai orang atau kerabat nya yang sudah meninggal.

Kuburan Goa Londa - Toraja 3

foto: torajapardise

Lalu apa yang mistis dari Goa Londa ? Saat kalian mulai menelusuri goa ini, kalian akan melihat tulang tulang tengkorak yang berserakan di sepanjang jalan. Itu dikarenakan peti mati sudah rapuh. Nah sebenarnya bisa saja peti mati ini diganti dengan yang baru dan tulang tengkorak yang berserakan di pindahkan, tetapi sebelumnya harus melewati upacara adat ( persetujuan adat ). Jadi kalian perlu berhati-hati jangan sampai menginjak tulang dan tengkorak tersebut, apalagi memindahkannya. Oh iya, mistis nya lagi, didalam goa kalian tidak akan menyium aroma yang tidak sedap. Heran bukan ?

Nah untuk tahu lengkap nya mengenai upacara adat penduduk Tana Toraja, kalian bisa langsung datang untuk mendengar dan melihat langsung prosesi upacara adat serta merasakan sensasi mistisnya disana.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close