Berita BPJEvent BPJ

Kopdar Akbar BPJ: Talkshow with  Ashari Yudha

Satu diantara 3 sosok traveler kece yang dihadirkan dalam Kopdar Akbar di Gedung Wayang Bharata, Senen adalah Ashari Yudha . Masih dengan tema yang sama yaitu “Your Travels Shape You.” Yuk kita intip ringkasan talkshow bersama Ashari Yudha.

talkshow bareng 3 narasumber
talkshow bareng 3 narasumber

Traveller Blogger bernama lengkap Ashari Yudha Pratama Putra merupakan lulusan mahasiswa Teknik Geologi di UNPAD. Dia sendiri memiliki alasan travelling yaitu “Mimpi”. Ya, berawal dari mimpi dia penasaran di Planet Mars dan di bulan itu ada apa sih kira-kira? (sama dong tentu kita juga penasaran). Sejak kecil Kak Ashari sendiri sudah sering travelling dari pulau Kalimantan-Sumatra dengan kapal.

Inspirasi travelling sendiri didapatkan dari sosok almarhum ayahnya yang sempat memberikan 2 amanat sebelum meninggal karena sakit kanker paru-paru. Bahwa kelak dia harus jadi seorang entrepreneur dan menjadi laki-laki perantau atau bepergian. Pengalaman bagaimana dia bisa travelling mulai dari berjualan gorengan di kampus, servis laptop dan membuat website pun pernah dilakoninya dan itu tak membuatnya minder. Salut banget sama kakak yang satu ini ya Guys!!

ashari yudha 1

Hitching & be creative, solo travelling yang ia jalani dengan nebeng dan memanfaatkan transportasi yang ada. Travelling diharapkan mampu memberikan dampak yang baik untuk mewujudkan sebuah impian.  Menurutnya, Mimpi itu dijalani dengan niat dan do’a, rubahlah mindset bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Dana yang paling menguras saat travelling sendiri yaitu infrastruktur dan transportasi serta masih banyaknya dijumpai calo-calo tiket yang nakal.

Bertemu hal-hal aneh selama perjalanan, seperti pernah menjilat tanah di sebuah tempat wisata merupakan pengalaman  berkesan yang tak terlupakan. Karena tiap daerah punya adat yang berbeda, tergantung bagaimana kita mampu flexible dalam  berfikir dan memposisikan diri. Harapan untuk tempat yang pernah dikunjungi sendiri meliputi penataan edukasi, respon jangan membuang sampah sembarangan, serta jangan lupa memperkenalkan buah tangan seperti batik misalnya, ke tempat yang dituju.

ashari yudha 2

Pemilik akun instagram @catatanbackpacker ini, punya impian seperti yang sudah diamanatkan sang ayah yakni harus menjadi seorang entrepreneur. Selain itu, ia ingin menyelesaikan perjalanan ke 34 provinsi di Indonesia sebelum umur  25tahun, dimana 33 provinsi sudah mampu ia selesaikan dalam waktu  6 bulan. Hebat sekali bukan !!

Luar biasa sekali ya Guys semangat dan kegigihan kak Ashari Yudha ini dalam mengejar mimpi hingga bisa keliling Indonesia. Karena sesuatu yang besar dimulai dari hal-hal yang kecil, tak ada yang tak mungkin selama kita mau berusaha keras. Semangattt!!

 

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *