Home / Kuliner / Khas Lereng Merapi, Jadah Tempe Kaliurang Yogyakarta

Khas Lereng Merapi, Jadah Tempe Kaliurang Yogyakarta

Liburan akan terasa semakin lengkap ketika bisa mencicipi beberapa makanan khas dari suatu daerah. Kali ini, kita punya sajian makanan sederhana yang disebut dengan Jadah Tempe. Sebuah makanan iconik yang bisa dijumpai di daerah Sleman atau sekitaran lereng gunung merapi.

Jadah tempe merupakan jajanan unik yang berasal dari daerah Kaliurang, Sleman Yogyakarta. Makanan yang merupakan perpaduan antara si Jadah dengan si Tempe yang ternyata sejoli ini, dijamin bisa memanjakan lidah dan mengenyangkan perut. Jadah sendiri merupakan makanan yang berbahan dasar ketan yang dikukus kemudian ditumbuk hingga lumat/kalis dan dibentuk oval memanjang, kemudian dicampuri dengan parutan kelapa agar terasa gurih. Sedangkan untuk soulmatenya, si tempe sendiri merupakan tempe/tahu bacem yang memiliki cita rasa manis. Keduanya dikombinasikan menjadi satu dalam wadah daun pisang, dan dinikmati dengan cabe rawit untuk menciptakan rasa pedas.

Foto: @foodjogja

Jajanan tradisional khas jawa ini, memiliki cara yang unik ketika memakannya. Yakni,dengan menyusunnya, tempe bacem diletakkan diantara 2 buah jadah sambil menggigit cabe rawit. Rasanya pun benar-benar nikmat karena memadukan rasa gurih, manis dan pedas menjadi satu. Untuk bisa menikmati makanan khas dari kaliurang ini, kamu hanya merogoh kocek sekitar Rp.10.000,- saja. Kenikmatannya akan semakin sempurna manakala disajikan dengan seduhan teh panas.

 

Kolaborasi makanan yang bisa dibilang cemilan tapi bikin perut kenyang ini, merupakan salah satu makanan idola keluarga Kraton Yogya lhoh. Sambil menikmati jajanan jadah tempe, kamu bisa sekalian menikmati suasana dingin Kaliurang yang syahdu. Yakin banget, nuansa kejawen yang adem dan tentram bakalan bikin kamu rindu dan ketagihan buat balik lagi ke tempat ini, setelah menikmati si jadah tempe tadi. Let’s check it !!

 

About Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Check Also

Gule Bulung Gadung Khas Mandailing

Gule Bulung Gadung adalah masakan yang berasal Tapanuli Selatan, tepatnya makanan khas mayarakat Suku Mandailing. …