KulinerUncategorized

Keunikan, Kelezatan dan Sejarah Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng adalah nasi yang cara penyajiannya dengan lauk pauk dalam bentuk kerucut. Nasi yang di pakai biasanya adalah nasi kuning pada umumnya walaupun ada juga yang menggunakan nasi putih. Nasi ini biasanya di sajikan di atas tampah(wadah bundar dari anyaman bambu)yang di alasi daun pisang. Kebanyakan masyarakat Jawa menyajikan nasi ini pada saat kenduri atau perayaan penting lainnya.

javakitchencatering.com
javakitchencatering.com

Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal tumpeng, falsafah tumpeng berkaitan erat dengan kondisi geografis Indonesia terutama Pulau Jawa yang memiliki banyak gunung merapi. Tumpeng berasal dari tradisi purba yang memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam Dewa atau arwah leluhur. Nasi yang di cetak berbentuk kerucut di maksudkan meniru bentuk gunung Mahameru yang di anggap tempat dari dewa dewi.

Dalam tradisi selametan(syukuran)pada masyarakat islam tradisional Jawa tumpeng di sajikan setelah di gelar pengajian dan pembacaan doa dengan memotong puncak tumpeng kemudian di berikan kepada orang yang paling di utamakan atau di hormati di antara yang hadir. Hal ini dimaksudkan sebagai wujud rasa syukur atas berkah Tuhan yang telah di berikan. Di masa modern, tumpeng juga berfungsi sebagai kue ulang tahun atau perayaan pesta.

nasikentjana.com
nasikentjana.com

Beberapa lauk pauk yang melengkapi nasi tumpeng antara lain seperti perkedel, abon, telur dadar atau goreng, timun yang dipotong, tempe kering, serundeng, dan masih banyak lagi tergantung selera masing masing. Ada beberapa jenis tumpeng yang bisa kita pilih untuk acara acara tertentu, antara lain :

*Tumpeng Robyong – di sajikan pada saat acara siraman di acara pernikahan adat Jawa

*Tumpeng Nujuh Bulan – disajikan di acara syukuran hamil 7 bulanan

*Tumpeng Pungkur – disajikan saat acara kematian seorang wanita atau pria yang masih lajang

*Tumpeng Putih – disajikan untuk perayaan acara sakral

 *Tumpeng Nasi Kuning – disajikan saat acara syukuran seperti ulang tahun, kelahiran ataupun pernikahan.

*Tumpeng Nasi Uduk – disajikan pada saat perayaan Maulud Nabi.

*Tumpeng Seremonial/Modifikasi 

Seiring berkembangnya Zaman Nasi Tumpeng sekarang sangat gampang untuk di beli di outlet outlet dengan melakukan pemesanan sebelum hari acara berlangsung.

indonesianfood21.blogspot.com
indonesianfood21.blogspot.com

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tumpeng

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *