Air TerjunAlam & TamanEditor PicksUncategorized

Kembang Soka, Air Terjun Paling Cantik Di Kulon Progo Yogyakarta

DI Yogyakarta memang istimewa. Selalu banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti air terjun Kembang Soka di Kulon Progo ini.

Punya rencana liburan di kabupaten paling barat dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta? Berlibur di Kulon Progo adalah pilihan yang tepat buat kamu yang suka dengan jenis wisata alam. Dan air terjun Kembang Soka, adalah pilihan terbaik bagi para travelers pecinta air terjun.

Menawan penuh ‘warna warni’

Berdasarkan informasi yang saya peroleh, air terjun ini merupakan air terjun yang paling menawan di antara air terjun yang ada di Kulon Progo. Tanpa berfikir panjang, hari kedua trip ke Yogya, kendaraan saya arahkan menuju Kulon Progo. Secara administratif, air terjun Kembang Soka berada di Dusun Gunungkelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Kulonprogo, Yogyakarta. Air terjun ini dinamakan Kembang Soka karena di sekitar lokasi banyak ditumbuhi pohon kembang soka.

Sejenak merasakan kesegarannya

Dengan bermodalkan Google Maps,rute untuk mencapai ke air terjun ini cukup mudah, dari Ring Road Barat Demak Ijo ambil arah ke Jalan Godean (arah Barat). Ikuti Jalan tersebut hingga bertemu perempatan lampu merah Nanggulan, tetap ambil arah barat (lurus) menuju pegunungan Menoreh. Di sepanjang perjalanan saya disuguhkan pemandangan yang indah serta jalan yang berkelok.

Setelah sampai diparkiran, perjuangan sesungguhnya baru dimulai. Untuk menuju air terjun, saya harus trekking beberapa ratus meter menyusuri hutan warga dan menuruni bukit ke dasar lembah dimana air terjun ini berada. Setelah sampai diujung tebing saya bisa melihat utuh keindahan air terjun ini dari tingkat atas sampai bawahnya.

Air terjun sebelah kiri, indah berbalut bunga kembang soka

Warna hijau dari hutan milik masyarakat seakan tak mampu menyembunyikan keindahan air terjun ini. Perjuangan saya akhirnya terbayar ketika sampai di air terjun ini. Air yang jernih mengalir melewati bebatuan yang berwarna-warni setiap tingkatannya. Ada batuan kekuning-kuningan hingga tebing berwarna merah marun, saya kira batu ini licin, namun ternyata tidak sama sekali, kecuali yang memang berlumut.

Cantiknya bisa jadi mengalahkan kecantikan kamu #eh

Ternyata memang air terjun ini sangat menawan, memiliki karakter dan ciri khas yang berbeda dan unik. Selain warna bebatuannya, air yang ada di air terjun ini memiliki dua warna yang berbeda yakni putih dan hijau tosca. Air terjun yang disebelah kiri merupakan air terjun tunggal bernuansa putih, sedangkan yang kanan merupakan air terjun bertingkat yang bernuansa kehijauan. Di antara keduanya disediakan jembatan bambu untuk menikmati keindahan air terjun Kembang Soka. Pemandangan seperti ini tidak banyak saya temukan di lokasi-lokasi lain.

Di tempat ini juga terdapat kolam yang khusus untuk mandi atau bermain air. Di samping kolam juga ada tempat untuk loncat yang tentu sangat seru untuk yang berjiwa petualang dan menyukai tantangan. Tidak perlu khawatir ketika mandi di sini karena airnya selalu dingin dan juga jernih. Kolam yang disediakan juga berukuran cukup luas kok jadi bisa untuk beramai-ramai.

No caption needed, butuhnya kamu #eaaaaa

Pemandangan sekitarnya pun masih sangat asri dan sejuk. Dan memang klaim bahwa air terjun ini sangat elok nan menawan memang tidak salah. Saya pun betah berlama lama disini untuk menikmatinya. Yogya dengan segala keistimewaannya telah membuat saya jatuh cinta. Ibarat wanita, Yogya mungkin kembang desa yang senyumnya selalu sukses membuat hati saya ‘meleleh’.

Tags

Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *