Keindahan Gunung Lemongan, Lumajang

Gunung Lemongan adalah sebuah gunung berapi tipe maar, di Jawa Timur. Gunung ini merupakan bagian dari kelompok Pegunungan Iyang. Puncaknya adalah Tarub (1.651 m) dan termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yaitu Lumajang serta Probolinggo.

Gunung Lemongan

Gunung ini dikelilingi 27 maar yang garis tengahnya berkisar antara 150 dan 700 meter. Beberapa maar mempunyai danau. Gunung Lemongan juga memiliki 60 puncak. Yang saat ini aktif terletak 650 meter di sebelah barat daya puncak Tarub. Danau, di antaranya Ranu Pakis, Ranu Klakah dan Ranu Bedali, terletak di lereng barat dan timur. Maar yang kering terletak terutama di lereng utara. Tidak diketahui letusan maar yang tercatat dalam sejarah. Gunung ini sempat sangat aktif dari tahun 1799, letusan pertamanya yang tercatat dalam sejarah, sampai akhir abad ke-20.

Baca juga: Pendakian Perdana Gunung Lawu Via Cemoro Sewu, Jawa Timur

Lemongan sangat cocok untuk pendakian bagi pemula karena memiliki ketinggian 1676Mdpl diatas permukaan laut. Jalur pendakian lemongan sudah sangat jelas banyak String Line di batang pohon dan disekitar bebatuan. Lemongan mempunyai julukan “Kecil-kecil Cabe Rawit”  mengapa demikian ? Krena memang tidak setinggi gunung-gunung besar seperti Mahameru tapi memiliki jalur trek yang mainstream yang medan nya rata-rata bebatuan dan banyak tanjakan-tanjakan menengah .

Jadi, jika kalian ke Lumajang jangan lupa ke Gunung Lemongan melihat keindahan Gunung tersebut.

Sumber : wikipedia.org, trekkersmountain.blogspot.co.id, dan google.co.id

Hits: 2598

Baca Artikel Lainnya