Valentine Day Gunung Andong Via Dusun Sawit – Magelang

Peta Jalur Pendakian Gunung Andong

Merayakan valentine day di puncak untuk yang kedua kalinya di gunung andong sudah menjadi salah satu plan yang sudah kami rencanakan dari jauh hari sebelumnya.

Sampai pada akhirnya, tercetuslah sebuah kalimat yang mengatakan, “Yuk, tanggal 17 sampai 19 Febuari 2017”. Lalu dengan segala pertimbangan dan perhitungan yang ada dengan matang, maka terlaksanalah perjalanan ini.

Perjalanan ini kami persiapkan bertiga, yaitu Cahyadi @cahyadiarf, Febe @febe_shinta dan Inu @inu_ajja. Berhubung saat itu saya baru pertama kali menjadi CP, maka saya sangat bergantung dan banyak belajar dari kedua pria yang sering saya panggil dengan sebutan “Abang”.

Cepe : Febe @febe_shinta dan Inu @inu_ajja
Cepe : Cahyadi @cahyadiarf, Febe @febe_shinta

Berapa sih kuota yang kami persiapkan ? Ya kami hanya menyediakan 27 seat peserta + 3 orang cepe + 2 orang team backup untuk perjalanan kali ini.

Simaksi Pendakian Andong

Berapa biaya sharecost nya ?

Rp 295.000,- aja Kaka….

Apakah ada kendala,

Yupz, banyak banget kendala yang kami hadapi, mulai dari banyak nya peserta yang daftar hingga over, bahkan sampai pada akhirnya 75 persen peserta batal bahkan yang waiting list pun ikutan cancel. Ah syudahlah… Tandain aja dulu wkwkwkw :P

Lalu dengan berbagai macam cara, kami masih belum putus semangat, masih saja terus kami sebar info trip ini keseluruh media sosial dari teman teman Backpacker Jakarta. Hingga di 1 minggu sebelum keberangkatan, terdapat titik cerah yang dimana banyak nya peserta yang daftar bahkan rela melunasi lebih cepat bahkan kembali over peserta. Jika kata Abang yang akrab saya panggil Kaka Chemong ini,”Allah selalu bersama dengan orang orang yang sabar”.

Tapi tidak sampai disana!

Sampai H – 1 keberangkatan, cuaca masih sangat tidak mendukung, dan bisa dikatakan setiap hari hujan hujan dan hujan, tidak pagi tidak siang tidak malam, selalu saja hujan di Jakarta dan sekitarnya. Dan setiap hari hanya bisa berdoa agar hingga nanti hari H cuaca cerah. Dan Puji syukur, cuaca sangat mendukung kami saat itu.

Melanjutkan yang tadi, waktu kami hanya tersisa 1 minggu saat itu, dengan gerak cepat kami membuat team untuk mengkoordinasi segala peralatan pendakian hingga logistik. Mengapa demikian ? Itu dikarenakan komunitas kami melakukan perjalanan dengan sistem sharecost dan bukan opentrip. Maka dari itu, setiap peserta bertanggung jawab atas segala kebutuhan selama pendakian.

Dan hari H pun tiba, kami semua berkumpul di Sekretariat Backpacker Jakarta dan mulai meninggalkan Jakarta pukul 21.30 malam dengan menggunakan bus yang sudah kami sewa sejak awal.

Keesokan harinya, tgl 18 Febuari 2017 pukul 07.30 pagi, bus kami ke tempat penambalan ban karena semalam ada kendala. Sambil menunggu tambelan, sebagian besar dari kami memilih untuk sarapan di sebuah rumah makan di Tegal setelah itu melanjutkan perjalanan menuju basecamp.

Dengan menghabiskan waktu perjalanan kurang lebih 16 jam menuju basecamp Kelapa Sawit Gunung Andong, akhirnya kamipun tiba. Tapi bukan tiba di Basecamp lhoh yah, disini kami hanya sampai di depan gerbang menuju basecamp dan disambung dengan mobil pickup lagi karena bus kami terlalu besar dan tidak bisa masuk dalam. Lalu sekitar 10 menit, akhirnya kamipun tiba di basecamp sekitar jam 16.00.

Sambil meluruskan badan di saung, mengisi perut dan mengembalikan energy yang sudah terbuang diperjalanan, sekitar jam 17.00 kamipun siap melakukan pendakian dengan diawali sebuah doa. Tetapi semua nya berbalik karena kondisi saat itu hujan lebat dan kabut turun menyelimuti sekitaran basecamp sehingga membuat kami tetap bertahan di Saung.

Sambil meng-galau di Saung, maka sesuai kesepakatan bersama, maka pendakian kami pending dan sesuai kesepakan juga, kami akan mendaki di keesokan harinya jam 03.00 pagi tanpa ngecamp alias tektok kalau istilah para pendaki.

Nah, sambil menunggu pagi, akhirnya kami semua memulai mengisi waktu luang yaitu dengan bermain Uno dan lain sebagainya.

Setelah itu lanjutkan dengan acara yang memang tema pendakian kita kali ini adalah Valentine Day.

Berikut dokumentasi keceriaan kami tukeran kado :

Setelah tukeran kado selesai, kami semua pindah dari saung menuju ke salah satu rumah warga yang memang sebelumnya sudah kenal oleh salah satu cepe, maka kami dizinkan untuk tidur dirumahnya. Kami sangat bersyukur!

Tanpa terasa jam 02.00 pagi pun tiba dan kami bersiap siap untuk naik ke puncak. Perlahan tapi pasti, itulah kami!

Kira kira pukul 06.30 kami semua sudah sampai dipuncak dan mulai menikmati sunrise serta foto foto yang selalu menjadi tradisi setiap perjalanan.

Berikut Dokumentasi di Puncak :

Setelah foto foto selesai, tidak lupa kami membuat video ucapan selamat ulang tahun untuk BPJ yang ke 4, setelah itu bersiap untuk turun kembali kebawah dan bersih bersih serta sarapan.

Sekitar pukul 12.00 siang kami semua meninggalkan basecamp dan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. Tanpa terasa pukul 18.00 pun tiba, dan akhirnya kami mampir ke salah satu rumah makan yaitu Sego Dalem di Pekalongan untuk mengisi perut dan Ishoma setelah itu melanjutkan perjalanan kembali menuju Jakarta.

Sampai pada akhirnya hari Senin, 20 Febuari 2017, pukul 04.00 pagi kami tiba kembali ke Sekretariat Backpacker Jakarta.