PantaiPulau

Kamu Harus Tau! Kepulauan Lease, Maluku Adalah Calon Warisan Dunia

Sebut saja Kepulauan Lease. Sebuah kepulauan di Maluku yang sedang diusulkan menjadi warisan dunia. Asal kamu tau, alasan pengusulan ini adalah mengingat Kepulauan Lease tersebut memiliki keindahan, potensi alam, dan peran sejarah yang sangat fondamental bagi Indonesia.

Dimana salah satu pulau di Kepulauan Lease yakni Pulau Nusalaut, merupakan tempat kelahiran pahlawan nasional Martha Christina Tiahahu. Gagasan dan usul itu disampaikan Direktur Archipelago Solidarity Foundation Dipl-Oek Engelina Pattiasina dalam sarasehan dengan tema “Memaknai Warisan Nilai Juang Martha Christina Tiahahu (4 Januari 1800- 4 Januari 2015) di Jakarta.

Sumber foto : google

Fyi guys, penetapan Kepulauan Lease sebagai warisan dunia juga didedikasikan untuk mengenang dan mengaktualkan nilai-nilai perjuangan pahlawan nasional Martha Christina dan generasi pendahulu yang telah berjuang sesuai masanya. Dimana nilai-nilai perjuangan inilah yang nantinya akan diperkenalkan kepada masyarakat yang lebih luas.

Adapun pulau-pulau yang termasuk kedalam Kepulauan Lease adalah sebagai berikut:

1.Pulau Saparua

Pulau Saparua merupakan bagian dari Kepulauan Lease bersama-sama dengan Pulau Haruku dan Pulau Nusa Laut. Dari Ambon, kita bisa naik speedboat dari Pelabuhan Tulehu dengan perjalanan sekitar 1 – 2 jam tergantung kondisi gelombangnya. Btw, pulau yang menjadi tempat lahirnya pahlawan Pattimura ini juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah indahnya. Seperti Pantai Waisisil dan Benteng Duurstede.

Sumber foto : google (Keindahan laut birunya Pulau Saparua)
Sumber foto : google (Benteng Duurstede)

Selain itu, Pulau saparua juga masih memiliki beberapa pantai yang sama sekali belum pernah di lihat oleh wisatawan dari luar daerah. Di antaranya: Pantai Porto, Pantai Sirsaoni dan Pantai Itawaka, dimana semua pantai ini memiliki hamparan pasir putih dengan pantai jernih yang indah, dengan gradasi warna air biru, toska dan hijau. Pantai-pantai ini juga tidak komersil dan relatif belum terjamah, matahari yang cukup terik juga tidak membuat kita kehilangan semangat untuk mengagumi pemandangan luar biasa ini sepuas-puasnya sembil meresapi sejuknya angin laut yang membelai rambut.

2. Pulau Haruku

Miris dan menyedihkan. Mungkin ini perasaaan yang akan kamu rasakan jika mengetahui alkisah dari Pulau Haruku ini. Pulau yang terbelakang dan terlihat miskin ini memang sebenarnya pulau terpencil yang ada di Maluku Tengah. Dimana sebagian pemudanya pernah di jebloskan ke Nusa Kambangan karena dituding makar.

Kondisi topografinya juga sangat memprihatinkan. Kamu tak bisa mengharapkan sarana jalan yang  beraspal mulus. Atau tiang-tiang listrik dan lampu penerang jalan yang berdiri di sisi jalan. Sungguh, semua itu tak akan pernah kamu lihat. Jalanan hanya beralaskan bebatuan merah yang licin saat terkena air. Sebagian lagi batuan berpasir dan perbukitan batu yang bisa longsor sewaktu-waktu. Sepanjang jalan kamu akan disuguhi hutan cengkeh yang sangat lebat, kemudian terpotong oleh pemandangan laut lepas yang berpadu perbukitan. Hem, cukup indah dan nyaman sebenarnya.

3. Pulau Nusa Laut

Sumber Foto : ratulangi.blogspot (Snorkling di Pulau Nusalaut)

Mungkin kamu agak asing ya denger nama pulau yang satu ini. Pulau yang juga disebut Pulau Hulawano (Pulau Emas) ini adalah sebuah pulau kecil di antara enam gugusan pulau-pulau wilayah Maluku. Pulau Nusalaut memiliki tujuh negeri/desa dan memiliki luas sekitar 32,50 km persegi. Tujuh desa itu adalah Titawae, Abubu, Akoon, Ameth, Nalahia, Sila dan Leinitu.

Btw, kamu pasti tidak akan menyangka, selain keindahan pantai dan alam bawah laut, Nusa laut juga menyimpan banyak situs bersejarah. Di antaranya Gereja Tua Eben Haezer, Benteng Beverwijk, Patung Martha Christina Tiahahu, Gereja Tua Betheden, dan lain sebagainya.

Monumen Patung Martha Christina Tiahahu
Gereja Tua Eben Haezer yang sudah berumur 300 tahun

Nah, itulah sekilas dari Kepulauan Lease. Kepulauan yang sedang diusulkan menjadi warisan dunia lantaran kaya akan alamnya, keindahannya serta nilai sejarah nya. So, kalau kamu travelling ke Maluku, cobalah untuk datang kesini!

Referensi : http://www.tribunnews.com/
Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *