PantaiPulau

Surga Yang Di Rindukan di Nusa Penida

Siapa sih yang tak ingin berlibur ke Pulau Bali, yah…kita semua pasti ingin. Bahkan mungkin seminggu disana masih kurang puas untuk explore keindahan Pulau Dewata ini. Banyak destinasi wisata yang bisa kita datangi, mulai dari pantai, gunung, air terjun ataupun wisata sejarah dan kebudayaan nya.

Baru baru ini ada satu tempat di bali yang sedang populer. Wisata yang seperti apa sih? Dan ada apa saja disana? Yuk sama sama kita simak cerita perjalanan salah satu member BPJ ke pulau Nusa Penida.

Nusa Penida atau yang lebih di kenal dengan Pulau Nusa Penida banyak yang beranggapan sebelumnya letaknya menjadi satu di Pulau bali. Namun, Nusa Penida sendiri merupakan sebuah pulau yang letaknya terpisah di ujung selatan pulau bali di pisahkan oleh selat badung. Untuk menuju ke pulau ini kita harus menyeberang terlebih dahulu. Ada dua cara penyeberangan ke Nusa Penida. Berikut ini beberapa alternatif penyeberangan ke Nusa Penida. Alternatif pertama kita bisa menyeberang melalui pantai sanur di bali dengan menggunakan speedboat. Nah, untuk biaya nya sendiri berkisar antara 60 sampai 75 ribu. Jika kalian mendapatkan penawaran kisaran 100 ribu, bisa di nego aja shayy… Perjalanan dari pantai sanur ke pelabuhan nusa penida berkisar kurang lebih 45 menit dengan jadwal penyeberangan dari jam 8 pagi sampai 4 sore. Untuk alternatif kedua kita bisa menyeberang melalui Pelabuhan Padang Bay menggunakan kapal Roro seharga 20-25 ribu dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Untuk menuju padang bay sendiri dari bali kita hanya bisa menggunakan jasa travel atau taksi mengginggat angkot yg belum tersedia ke arah sana. Memang lebih murah, namun untuk masalah waktu dan yang mudah kebanyakan para wisatawan menyeberang melalui pantai sanur guys.. Sampai di Nusa Penida terdapat jasa penyewaan motor yang dapat di sewa untuk berkeliling pulau. Harganya pun bervariasi antara 60-75 ribu rupiah..

Nah.. Ada apa saja sih di Pulau Nusa Penida yang bisa kamu kunjungi?. Berikut adalah tempat tempat extosis di Nusa Penida yang bisa dan harus kamu kunjungi saat berada di sana.

1.Kelingking Secret Point

Tempat yang satu ini bisa di bilang merupakan icon wisata di Nusa Penida. Barisan tebing yang menjorok ke laut sangat bagus untuk berfoto dan menikmati keindahan pantai kelingking dari ketinggian. Memiliki pantai yang masih alami. Pasir putih yg bersih dan air yang jernih. Namun, untuk turun ke pantai masih belum di perbolehkan karena mengginggat tebing nya yg curam dan belum ada tangga. Tapi kita masih bisa menikmati keindahan pantai ini dari atas bukit kelingking. Lokasi wisata ini terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar.

Dokumentasi by. Biyan

2. Pantai Atuh

Berlokasi di Banjar Pelilit. Di kelilingi tebing yang tinggi dan untuk sampai ke pantai atuh kita harus trekking dari atas bukit ke bawah. Nah, dari lokasi pantai kita bisa kembali trekking ke atas bukit yang ada di ujung pantai untuk melihat panorama pantai atuh pelilit dari atas.

Pantai Atuh. Photo by. Biyan
View Pantai atuh dari atas bukit Photo by. Biyan

3. Broken Beach

Berlokasi di Banjar Sumpang Desa Bunga Mekar. Ciri khas dari pantai ini adalah terdapat sebuah tebing yang di tengah tengahnya berlubang. Lubang tersebut berbentuk melingkar dan di atasnya merupakan tebing yang berbentuk seperti jembatan. Dari lubang inilah air laut masuk dan membentuk seperti sebuah kolam

Dokumentasi by. Biyan

4. Goa Giri Putri

Terletak di Desa Suana,Banjar Karangsari. Di goa ini terdapat sebuah pura yang di gunakan untuk memuja dewa siwa. di dalam goa terdapat aliran air yang di percaya sebagai air suci. Goa ini memiliki panjang sekitar 262 meter.

Photo by. Go Nusa Penida

5. Pura Paluang

Ciri khas dari pura ini adalah terdapat bangunan unik yakni pelinggih yang menyerupai mobil. Satu mobil VW Beattle berwarna emas dan satu lagi menyerupai mobil Jimmy dengan cat warna merah.

Photo by. Go Nusa Penida

6. Angel’s Billabong

Dari namanya saja udah terdengar unik kan. Angel’s Billabong berarti “ujung dari sebuah sungai yang buntu”. Tempat ini merupakan muara akhir dari sebuah sungai di Nusa Penida yang bermuara sebelum air sampai ke laut lepas. Di permukaan sungai ini membentuk cekungan seperti sebuah kolam,di cekungan inilah bisa kita gunakan untuk berenang. Ciri khas lainnya sepanjang muara sungai nya terbentuk dari batu karang yang berwarna hijau kuning. Wisata ini terletak tak jauh dari broken beach,yakni di Desa Bunga Mekar.

Photo by. Biyan
Photo by. Biyan

7. Teletubbis Hillss

Tak hanya pantai pantai nya yang indah, di nusa penida juga terdapat sebuah bukit terhampar luas dan hijau yang bernama Teletubbis Hillss atau bukit teletubbis. Sangat bagus buat berfoto foto dan menikmati udara yang segar.

Photo by. retnonuraini.blogspot.com
Photo by janganpanikmaripiknik.com

8. Cristal Bay

Back to the beach yah. Kali ini ada pantai Cristal Bay yang terletak di desa sakti. Pantai ini di kelilingi dua tanjung dan sebuah bukit kecil di laut lepas. Disini kita bisa berenang, diving ataupun snorkling. Karena letaknya yang di sebelah barat,saat sore hari kita bisa melihat sunset dari pantai ini.

Photo by. Biyan
Sunset Pantai Chrystal Bay

9. Pantai Andus

Ingat dengan Seruling Samudera yang ada di Pacitan?  Di pantai ini juga memiliki fenomena unik lho. Memiliki ombak yang besar dan saat menghantam tebing karang ombak tersebut menyembur ke atas terlihat seperti sebuah asap. Sangat unik bukan.

Fenomena hantaman ombak yang menyerupai asap

10. Turtule Beach

Yang satu ini merupakan sebuah bukit. Dari atas bukit ini kita bisa melihat pemandangan laut dari atas dan melihat tebing tebing yang besar di sepanjang pantai.

Photo by. Biyan
View Turttule

9. Pererenan(Sunset Point)

Pererenan merupakan sebuah tebing yang kita lewati saat menuju ke air terjun seganing yang ada di bawah. Di atas bukit ini dapat kita jumpai sunset yang indah saat sore hari.

Photo by. Biyan
Sunset Point di Pererenan

10. SeganingWaterfall

Seperti yang di bahas di atas, sebelum menuju ke air terjun ini kita melewati bukit peperenan terlebih dahulu. Boleh di bilang trekking ke bawah air terjun lumayan ekstrem dan curam,kita menuruni tebing dengan beberapa anak tangga,butuh stamina ekstra. Tidak di sarankan mengunjungi tempat ini jika hujan yah guys.

Photo by. Biyan
Seganing Waterfall

Beberapa destinasi tersebut di atas merupakan yang cukup terkenal di Nusa Penida. Rasanya tak cukup hanya beberapa hari jika kita ingin mengexplore keindahan pulau bali dan pulau Nusa Penida guys. Sedikit informasi, saat kembali ke bali dari pulau nusa penida jika menyeberang melalui padang bay,kalau beruntung kita bisa melihat sekawanan lumba lumba berenang di lautan.

Jadi, siapkan waktu dan dana yang cukup pastinya untuk menikmati serpihan surga yang di rindukan di pulau dewata ini.

Testimoni Trip :

Nama : Biyan /BPJ CLUB FOTOGRAFI

Testimoni”Lelahmu,keringatmu,waktumu dan pengorbanan mu akan terbayar ketika kau melihat semua keindahan yang Allah ciptakan di Pulau Nusa Penida. Walaupun solo traveling, tak menyurutkan semangat ku untuk menginjakkan kaki di surga ini. Surga yang Di rindukan di Pulau Nusa Penida”

Tags

Related Articles

2 thoughts on “Surga Yang Di Rindukan di Nusa Penida”

  1. Minta total rincian biaya selama di nusa penida min rencana mau kesana tapi masih gatau biayanya berapa

  2. hallo mas biyan mau tanya2 utk harga kapal penyebrangan ini paling terupdate kan ya? oiya recomend penginapan murah disana ada ga mas? rencana bulan juli sy mau kesana. thanks before

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close