Gunung

Gunung Haur, Gunung Baru di Purwakarta yang Wajib Kamu Coba

Gunung Haur adalah sebuah gunung atau bukit yang indah, terletak di kabupaten Purwakarta provinsi Jawa Barat. Gunung Haur merupakan satu dari sekian banyak gunung di Purwakarta yang menawarkan pemandangan Waduk Jatiluhur dan alam perbukitan maupun persawahan warga disekitarnya.

foto : @avrieyanie

Mungkin kalian sudah tak asing dengan Gunung Bongkok, Gunung Lembu atau Gunung Parang. Nah Gunung Haur juga tak beda jauh dengan ketiga gunung lainya di Purwakarta. Bahkan Gunung Haur digadang-gadang menjadi Puncak darmanya Purwakarta. Seperti yang kita tahu jika Puncak Darma adalah puncak utama saat kita berada di Geopark Cileteuh Sukabumi Jawa Barat. Nah Gunung Haur pun memiliki pemandangan yang tak kalah indahnya dengan puncak darma.

foto : @snurhalimah_97

Gunung Haur sendiri berada pada ketinggian sekitar 517 mdpl dan meski tidak terlalu tinggi namun treking yang harus dilalui sangat menguras tenaga. Jalur Gunung Haur memang masih belum semudah atau semulus gunung-gunung lainya di Purwakarta. Treking berbatu yang cukp terjal dan licin serta banyaknya semak belukar yang masih harus dilewati disepanjang jalur pendakian Gunung Haur menjadi tantangan tersendiri.

foto : @yoga1902

Secara administratif, Gunung Haur Berada di Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat. Meski Gunung Haur baru di resmikan tahun 2017 sebagai salah satu gunung pendakian namun sudah banyak wisatawan atau pendaki yang mendaki digunung mungil ini.

Treking gunung haur (foto : @zaenaladventure)

Pendakian kepuncak Gunung Haur juga tak terlau lama yakni hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam pendakian santai. Area camp yang cukup luas juga tersedia ditempat ini jadi buat kalian pecinta camping bisa camp di Gunung Haur. Parkiran luas pun ada dan bisa 24 jam sehingga kendaraan bisa aman. Ada beberapa warung nasi disekitar Gunung Haur jadi jangan khawatir kelaparan.

foto : @savero07
Puncak karangge (foto : @izanbucek)

Gunung Haur memiliki beberapa Tanjakan yang cukup ekstreem diantaranya tanjakan Turdo. Tanjakan ini akan membuat pendaki tertantang karena selain terjal juga akan membuat kita merangkak hingga lutut bertemu dengan dagu. Itulah asal muasal tanjakan ini disebut Turdo (dalam bahasa sunda Tuur & Dago).

foto : @yoga1902

Gunung Haur hanya memiliki dua puncak yakni Puncak Kirarangge dan puncak utamanya yaitu Puncak Batu. Kedua puncak ini sama-sama menawarkan pemandangan yang sangat indah. Namun Puncak batu menjadi puncak idola para pendaki untuk berfoto karena di puncak batu pemandangan yang ditawarkan sangat lengkap. Saat mendaki kedua puncak ini kalian harus hati-hati karena banyak sekali monyet-monyet bergelantungan disekitar pohon yang ada disepanjang jalur menuju puncak.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

1 thought on “Gunung Haur, Gunung Baru di Purwakarta yang Wajib Kamu Coba”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close