Air Terjun

Gemercik Indahnya Tiu Kelep, Lombok Timur

foto : runnakhairunnas
foto : runnakhairunnas

Berbicara mengenai keindahan Lombok, memang tak bisa untuk diragukan bagi para wisatawan, memiliki ribuan wisata yang terdiri dari gunung, pantai, bahkan air terjun, Lombok pun menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi. Bosan dengan pantai? Tenang, Lombok punya suguhan lain selain pantai. Untuk kali ini, saya ingin mengulas mengenai Tiu Kelep. Tiu Kelep diambil dari bahasa setempat, “Tiu” yang berarti “Terbang”, dan “Kelep” berarti “Kolam”.

foto www.skyscrapercity
foto www.skyscrapercity

Berada di tengah hutan Senaru, tepatnya di Lombok Utara, Tiu Kelep menjadi sangat populer dibandingkan dengan puluhan air terjun lainnya yang berada di Lombok. Letak air terjun Tiu Kelep ini tidak jauh dari air terjun Sendang Gile yang merupakan air terjun yang pertama dari tiga air terjun di wilayah Senaru, Tiu Kelep merupakan air terjun yang kedua. Sekitar 30 menit trekking dari Sendang Gile dengan membelah hutan, menaiki anak tangga dan menyeberangi sungai, sambil ditemani beberapa ekor primata berbulu. Anda harus berhati-hati dalam menaiki anak tangga yang sedikit curam dan jembatannya yang dilewati oleh jalur air, saat menyebrangi sungai pun harus tetap waspada karena terkadang arusnya sangat kencang.

foto : antare5.blogspot
foto : antare5.blogspot

Tiket masuk ke Tiu Kelep hanya 10 ribu/orang untuk wisatawan lokal, untuk wisatawan mancanegara 75 ribu/orang. Jika anda ingin ditemani pemandu wisata dengan alasan agar memperoleh informasi yang jelas dan detail, tinggal request saja di loket tiket. Hanya saja jika anda menggunakan jasa pemandu wisata, anda akan merogoh kocek lagi. Untuk menguji adrenalin, disini terdapat spot jumping untuk melompat dari ketinggian, namun disarankan agar bisa berenang, karena debit air yang tergolong besar dan deras. Untuk anda yang hobby fotografi, tempat ini sangat cocok untuk mengasah kemampuan anda, karena sejauh mata memandang, seluruh objek patut untuk diabadikan dengan kamera.

foto : bubuhansamarinda
foto : bubuhansamarinda

Untuk sampai ke Senaru, dari Kota Mataram anda akan menempuh sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan. Jika ingin menggunakan tranportasi umum ke Senaru, anda dapat memilih naik engkel jurusan Bayan, hanya dengan merogoh kocek 15 ribu rupiah saja. Dari desa Bayan, biasanya ada engkel yang langsung menuju terminal Senaru. Jika tidak ada, anda bisa mengorder ojek untuk dihantar ke Senaru.

Happy Travelling :)

Tags

Hanindi Fajrina Tri Hardi

Pemburu fajar, perindu senja, dan penikmat kesunyian yang terkadang menulis dan membidik karena hobi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close