Destinasi menarik ketika berlibur ke Yogyakarta

Hello Semuaaaaaa,

Kali ini aku mau ajak kalian untuk berlibur ke Yogyakarta, So pasti sudah tidak asing lagi rasanya, kalau dengar kata Yogyakarta kan yaa. 

Nah ini dia tempat yang selalu istimewa dan bikin kangen akan tempat untuk selalu berkunjung kembali walau ditempat yang sama seperti Tugu Jogja.  

Yogyakarta merupakan tempat wisata yang begitu menarik untuk dikunjungin dengan segala hal yang menarik dari wisata, kuliner makanan, dan juga budayanya. Jika kamu sedang berlibur ke Jogja, kamu wajib untuk menggunjungi tempat ini :

1. Taman Sari Keraton Yogyakarta

Taman Sari merupakan tempat rekreasi dan meditasi keluarga kerajaan Yogyakarta. Pesona Istana Taman Sari terletak pada keindahan arsitekturnya yang kuno dan pemandangan yang indah.

Nah, bagi penggemar sejarah, Taman Sari Keraton Yogyakarta tentu tidak boleh dilewatkan saat liburan ke Yogyakarta.

Konon, pemandian inilah Sultan mencari istri di antara para permaisurinya. Disini putri-putri raja mandi dan juga calon-calon istri dari Sultan. Sultan akan melempar bunga mawar dari atas menara tinggi, dan permaisuri yang menangkap mawar tersebut kemudian diperistri.

Istana ini juga dibangun untuk menghargai jasa para istri Sultan yang telah membantu semasa perang. Istana ini dikelilingi dengan taman bunga yang memberikan wangi semerbak ke sekitarnya.

2. Benteng Vredeburg

Lalu setelah ke Taman Sari Yogyakarta bagi para penikmat wawasan sejarah indonesia tentu kalian jangan melewati berkunjung ke Benteng Vredeburg terletak di Jalan Malioboro, tepatnya di depan Gedung Agung.

3. Candi Prambanan 

Candi Prambanan merupakan peninggalan kebudayaan Hindu terbesar di Indonesia, dimana memiliki pesona keindahan tersendiri. Sebab, selain bentuk bangunan dan tata letaknya yang menakjubkan, Candi Prambanan juga menyimpan kisah sejarah dan legenda yang sangat menarik wisatawan.  

Tiga dari 8 candi utama disebut Candi Trimurti (Tiga Wujud), dipersembahkan untuk 3 dewa Hindu tertinggi : Dewa Brahma Sang Pencipta, Wisnu Sang Pemeliharan, dan Siwa Sang Pemusnah. 

Candi Siwa yang berada ditenggah-tengah adalah bangunan terbesar di kompleks Candi Prambanan dan memiliki 5 ruangan : timur, selatan, barat, utara dan sebuah ruangan utama ditengah candi. Ruangan timur terhubung dengan ruangan utama yang berisi arca Siwa Mahadewa setinggi 3 meter.

Ruangan utara berisi arca Durga Mahisasuramardini, istri Siwa. Arca Durga inilah yang disebut sebagai Roro Jonggrang dalam legenda setempat.

 

4. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah salah satu tempat wisata pantai di Yogyakarta yang sering direkomendasikan. Pantai Selatan yang terletak di wilayah Gunung Kidul ini emang sangat menarik untuk dikunjungin sebab memiliki bentang pantai yang cukup luas, pasir halus, dan laut biru lepas yang bersih.

 

5. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo merupakan sebuah tempat wisata alam sekaligus kawasan konservasi perairan yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai ini memiliki keindahan mempesona dengan tebing-tebing tinggi serta pasirnya yang berwarna putih bersih. Pantai ini tersusun dari pasir vulkanik dan organik serta terdapat pula bebatuan vulkanik, riolit, adesit dan gamping yang merupakan fasies gunung berapi.

6.  Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong merupakan tempat pengambilan gambar untuk film milik sutrada Hanung Bramantyo berjudul Sultan Agung : The Untold Love Story di tahun 2017. Tidak hanya film Bumi Manusia juga ternyata melakukan pengambilan gambar disana.

Nah akhirnya dijadikan tempat wisata baru yang menarik untuk berburu foto instagramble disemua kalangan khusus para muda-mudi yang berkunjung kesana.

Studio Alam gamplong kita bisa melihat banyak objek wisata yang bisa dijadikan spot berfoto, dimana kita bisa melihat bangunan-bangunan indonesia abad ke -16 dan 17, seperti Zona Replika Kranggan Surabaya, Pecinan, Benteng VOC, rumah tingkat yang terbuat dari kayu dan masih banyak lagi tentunya.

Jangan lupa untuk siapkan outfit terbaik dan kamera kesayangan agar liburan makin kece dan seru ya. Oh iya lupa jangan lupa bawa payung yaaa guys soalnya dijogja sangat panas lho hahahaha,  See you babay enjoy your trip.

Views: 125

Desi kurniawati putri

Hanya seseorang yang hobby menulis, karna menulis merupakan tempat untuk merangkai kata demi kata menjadi kalimat yang utuh dari setiap perjalanan langkah kaki-ku. Follow my instagram : @desi.kurniawatiputri

Baca Artikel Lainnya