BlogBukit

5 Bukit Di Sumba Yang Savananya Indah

Sumba surga yang terlupakan

Bukit Di Sumba yang Savananya Indah – Pulau Sumba merupakan pulau yang ada di Nusa Tenggara Timur. Pulau ini menawarkan keindahan alam yang lengkap, mulai dari pantai, air terjun, bukit, dan lain sebagainya. Semua pemandangan alam yang disajikan di Pulau Sumba membuat wisatawan tidak akan bisa melupakan kenangan berlibur di sini.

Banyaknya perbukitan yang ada di Sumba membuat pulau ini mendapat julukan sebagai Negeri Seribu Bukit. Julukan tersebut memang tepat karena ada banyak perbukitan yang mengelilingi Sumba dan kerap dijadikan sebagai tujuan wisatawan dari berbagai daerah.

Wisatawan yang ingin ikut trip sumba dan mengunjungi bukit di Sumba bukan hanya wisatawan domestik saja. Para wisatawan manca negara pun silih berganti mengunjungi tempat ini.

Bukit Di Sumba Yang Terkenal Memiliki Savana Indah

Berikut ini beberapa bukit di Sumba yang terkenal dan menjadi destinasi utama wisatawan yang berlibur di Pulau Sumba.

1. Bukit Wairinding

Sunrise dibukit Warinding
Sunrise dibukit Warinding – ig @kataomed

Bukit di Sumba yang akan kami bahas pertama kali adalah Bukit Wairinding. Bukit ini berlokasi di Desa Pambotanjara, Waingapu, Sumba Timur.

Pemandangan perbukitan yang indah dan sabana yang luas. Salah satu keunikan dari bukit ini terdapat pada warna sabananya. Warna pada sabana tersebut dipengaruhi oleh musim.

Ketika musim hujan, sabana di Bukit Wairinding akan berwarna hijau. Sementara itu, ketika musim kemarau warna sabana tersebut akan berubah menjadi kuning-coklat. Sangat cocok dijadikan sebagai background foto karena sensasinya seperti berlibur ke Eropa di musim gugur.

Bukit Wairinding juga merupakan tempat yang cocok untuk melihat pemandangan matahari terbenam. Keindahan yang dimilki bukit ini menjadikannya sebagai tempat wisata terfavorit.

Di waktu tertentu, wisatawan juga bisa menyaksikan adanya Kuda Sumba atau sandalwood pony yang merupakan kudang tunggang tercepat dan terkuat.

2. Bukit Di Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

bukit di Sumba
Sumber: gunung.id

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti berbeda dengan taman nasional pada umumnya. Taman nasional ini berada di ketinggian 800 mdpl. Di taman ini juga terdapat perbukitan dengan pemandangan alam yang sangat mengagumkan.

Wisatawan yang datang ke sini bukan hanya bisa melihat panorama yang indah. Mereka juga bisa menyaksikan berbagai satwa yang hidup bebas.

Bagi wisatawan yang ingin datang ke bukit di Taman Nasional Laiwangi Wanggameti disarankan untuk memiliki fisik yang kuat.

Hal ini karena ukuran taman ini yang luas dan serta medan jalannya yang berupa perbukitan. Namun ketika sudah sampai di sini, rasa lelah pun akan hilang seketika karena melihat keindahan alam yang tidak akan bisa dilupakan.

3. Bukit Mondu

bukit mondu sumba
bukit mondu sumba – Foto milik @felgra_photography

Bukit di Sumba yang juga terkenal dengan savananya yang indah adalah Bukit Mondu. Bukit ini berlokasi di Sumba Timur dan menjadi lokasi syuting untuk film layar lebal yang berjudul “Pendekar Tongkas Mas”.

Keindahan alam dari bukit ini sudah tidak perlu diperdebatkan lagi karena semua orang yang datang ke sini pasti akan mengakui bahwa Bukti Mondu termasuk salah satu bukit terindah yang pernah mereka saksikan.

Ketika sudah sampai di puncak Bukit Mondu, wisatawan bisa menyaksikan keindahan alam di sekelilingnya dengan jelas. Di segala arah akan terlihat keindahan alam dan hamparan sabana yang sangat indah.

Selain itu, wisatawan juga bisa menyaksikan pemandangan desa dari atas bukit. Kontur jalan yang membentuk huruf “S” semakin membuat tempat ini tidak bisa dilupakan.

4. Bukit Lendongara

bukit di Sumba
Sumber: kompasiana.com

Tidak jauh berbeda dengan bukit di Sumba yang lainnya, Bukit Lendongara juga menawarkan keindahan alam yang sampai sekarang masih terjaga.

Lendongara masih berada di wilayah Sumba Barat yang lokasinya tidak jauh dari bandara Tambolaka. Hal ini membuatnya mudah diakses dan jalannya pun sudah diaspal.

Salah satu tempat terbaik adalah berada di puncaknya. Di sini wisatawan disuguhkan pemandangan bukit hijau sejauh mata memandang.

Sangat cocok dijadikan sebagai lokasi foto. Selain itu, pada waktu tertentu juga terdapat beberapa binatang liar seperi kuda, babi hutan, dan juga sapi.

5. Bukit Tanarara

bukit Tanarara Sumba Timur
bukit Tanarara Sumba Timur – foto ig @brendafid

Bukit di Sumba yang terkenal selain keempat bukit yang telah kami sebutkan adalah Bukit Tanarara. Keunikan yang dimiliki bukit ini adalah tekstur bukitnya berupa garis-garis yang ada Grand Canyon.

Warna garis tersebut bisa berubah dengan mengikuti musim. Garis-garis tersebut berasal dari karang-karang.

Untuk bisa mencapai Bukit Tanarara, wisatawan harus berjalan kaki setelah berhenti di tempat parkir mobil. Selama perjalanan, wisatawan sudah bisa melihat keindahan alam yang sangat luar biasa.

Selain itu, banyak tempat yang bisa dijadikan untuk mengabadikan momen liburan selama berada di sini.

Tags
Show More

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *