Menara Pandang Soko Gunung Wonogiri

Namanya menara pandang soko gunung, tempat yang tidak jauh dari bukit gantole Wonogiri ini merupakan tempat yang sangat indah untuk melihat lanscape kota wonogiri dari ketinggian.Dari waduk Wonogiri hingga view sebelah utara kota Wonogiri terlihat dari menara pandang ini bahkan Kota sukoharjo yang terletak di sebelah utara Wonogiri juga bisa terlihat dengan jelas jika kondisi cuaca sedang cerah.

Tempat ini memang baru dibuka pada hari selasa 05/07/2016 kemarin sehingga sedikit orang yang tahu,bahkan bisa dibilang terabaikan oleh mereka yang hendak ke Landasan Gantole 2/ puncak Joglo,padahal tempat lebih menyajikan pemandangan yang luar biasa dibanding Puncak Joglo. Untuk menuju ke sana sama seperti kami menuju Puncak Joglo,hanya saja di pertigaan terakhir kita mengambil jalan lurus ke arah Dusun Soko Gunung.Cukup mudah untuk menemukan tempat ini karena memang sudah di pasang papan penunjuk jalan.

Tiba di lokasi parkir kami di sambut ramah oleh penjaga lokasi sekitar yang bernama pak Parno dan Mas eclik panggilannya.Tidak menunggu waktu lama,selesai menaruh motor kami lanjut treking ke puncak Soko Gunung yang berjarak kurang lebih 30 menit dengan jalan tanah yang di buka oleh warga sekitar yang memudahkan kami untuk menuju puncak.Bahkan di beberapa sudut sudah ada papan petunjuk supaya kami tidak tersesat plus adanya imbauan untuk tidak membuang sampah sembarang tentunya.

Tiba di Puncak bergegas kami langsung menuju gardu pandang yang dibuat dari bahan bambu oleh warga sekitar.Tapi walaupun begitu cukup aman bagi kami para pengunjung untuk berada di atas pandang.Di Gardu pandang inilah kami bisa melihat lanscape kota Wonogiri ke segala arah,dari waduk gajah mungkur di sebelah kanan kami hingga lanscape kota Wonogiri di sebelah depan/utara kami.Dan sebelah kiri kami bisa melihat deretan pegunungan gajah mungkur.Bagi kalian yang hendak melihat sunrise pagi harinya diperbolehkan untuk mendirikan tenda di puncak ini tapi dengan perizinan warga setempat.

Dari info yang kami dapat,ke depannya nanti tempat ini akan dijadikan lahan camping di sebelah timur/di bagian hutan pinus dan nantinya pun akan ada wahana flying Fox untuk liburan keluarga.Semoga saja segera terlaksana kedapannya karena bisa membantu perekonomian warga sekitar. Sayangnya kedatangan kami kali ini terbilang terlambat sehingga tidak banyak waktu untuk menikmati suasana sejuk di tempat ini karena pada sore hari kabut mulai turun menutup seluruh tempat dan membawa udara dingin yang memaksa kami untuk segera bergegas kembali.

Tiba kembali di parkiran motor di sebuah rumah penduduk kami beristirahat sejenak untuk melepas lelah,dan tak lama kemudian kami membayar parkir hanya sebesar Rp.2000,-. Cuma cukup membayar parkir sebesar itu kami sudah bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa,sebuah harga yang cukup murah untuk bisa menikmati ciptaan Tuhan dari ketinggian Menara Pandang Soko Gunung.Tempat baru nan asik untuk melihat indahnya kota Wonogiri.