Pulau Biawak

Pulau Biawak merupakan salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu, Jakarta . Dinamakan Pulau Biawak karena di pulau ini banyak kita jumpai habitat Biawak. Sama seperti Pulau Damar atau Pulau Tidung Kecil Pulau Biawak termasuk pulau yang tak berpenduduk. Di pulau ini hanya terdapat rumah bagi penjaga pulau.

20141116_102411

Untuk menuju ke Pulau Biawak kita bisa menggunakan kapal penumpang dari Muara Angke menuju Pulau Harapan terlebih dahulu. Dari Pulau Harapan kita bisa menyewa perahu kecil untuk berkeliling ke pulau pulau cantik lainnya termasuk salah satunya pulau biawak. Dari Pulau Harapan menuju Pulau Biawak kita menempuh perjalanan selama kurang lebih 50 menit.

Sampai di dermaga pulau kita akan di suguhi pemandangan laut yang jernih dan warna airnya yang hijau tosca membuat kita ingin cepat nyebur dan berenang. Di Pulau ini memang kita tidak di ijinkan untuk menginap atau mendirikan tenda,hal ini dilakukan untuk menjaga dari hal hal yang tidak di inginkan, mungkin sangat beresiko jika harus bermalam di pulau yang notabene menjadi habitat bagi Biawak ini.

Meski begitu kita masih bisa mengexplore keindahan pulau cantik ini. Pantai yang bersih dan jernih serta ombak yang tenang membuat kita betah berlama lama di sini. Tak hanya itu, sunsetnya yang sangat mempesona menambah suasana romantis. jika beruntung kita akan menjumpai sekumpulan Biawak yang hidup bebas di alamnya.

Pulau Biawak masuk ke dalam wilayah cagar alam atau Taman Nasional Kepulauan Seribu, secara administratif pulau ini masuk ke dalam wilayah Kelurahan Pulau Kelapa kecamatan Kepulauan Seribu utara. Biawak biawak ini merupakan hewan yang di jaga dan di lindungi oleh pemerintah setempat.

Pariwisatakepulauanseribu.wordpreds.com

Sumber  : 

1. id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Biawak_..

2. more-story.blogspot.com/2014/11/pul…

Foto: Dian Juarsa Blogger

 

 

 

 

 

Hits: 648

Baca Artikel Lainnya