Objek Wisata Candi Cetho, Karanganyar

candi cetho 7

Hai Sahabat traveller… Yuk, mari kita intip wisata Candi yang berada di Karanganyar. Wisata Candi Hindu yang dikenal dengan nama Candi Cetho. Berlokasi di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

kemegahan gapura candi

Candi Cetho berada pada ketinggian 1.496 mdpl, dan masih terletak di lereng gunung lawu. Bisa diakses dari kota solo menuju ke karanganyar atau tawangmangu. Melewati deretan pemandangan alam yang menakjubkan dan udara dingin yang segar. Rute menuju candi ceto sangat asyik, walaupun terbilang ekstrim dan memacu adrenalin berupa jalan yang berliku menanjak dan terkadang menurun.

menaiki tangga dengan mengenakan kain kampuh

Harga tiket candi cetho sangat murah gaess, hanyaRp.3000,- untuk wisatawan local dan Rp.10.000,- untuk wisatawan mancanegara. Setelah membeli tiket, kita akan disuruh mengenakan kain kampuh berwarna hitam putih. Dan mari bersiap untuk memasuki gapura melewati anak tangga menuju candi. Disini biasanya pengunjung mulai asik berfoto-foto.

gubuk dan kepunden candi cetho

Spot-spot menarik akan kalian temukan dengan terus berjalan menaiki anak tangga, seperti kumpulan gubuk-gubuk, arca dan punden berundak. Nahh, di candi cetho ini juga terdapat sebuah ikon keren patung dewi saraswati yang menjadi incaran para pengunjung. Menariknya lagi disana terdapat candi Kethek, di candi kethek ini kita akan melihat patung swastika.

mengamati patung arca di candi cetho

Pemandangan candi yang elegan dikelilingi rerumputan hijau yang ditata rapi. Kabut-kabut disekitaran candi membuat suasana seperti sedang berada di kahyangan. Jalanan yang tadinya memacu adrenalin dijamin akan sirna setelah melihat pemandangan yang syahdu dan memanjakan mata.

Ikon menarik dewi saraswati

Jadi, jika kalian sedang ke solo atau ke gunung lawu, mampirlah sebentar ke candi cetho di karanganyar ini sebagai alternative pelengkap liburan kalian Gaess.

Hits: 1258

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Baca Artikel Lainnya