Menguji Kesabaran dan Kekuatan di Gunung Salak – Jawa Barat

Komentar

Gunung Salak merupakan sebuah gunung berapi yang berada di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi.  Gunung ini memiliki beberapa puncak diantaranya adalah puncak Salak I dengan ketinggian 2.211 mdpl dan puncak Salak II dengan ketinggian 2.180 mdpl

Rute Pendakian Gunung Salak

  • Jalur Cidahu (Sukabumi)
  • Jalur Giri Jaya (Curug Pilung)
  • Jalur Kutajaya/Cimelati
  • Jalur Pasir Reungit

Salah satu jalur yang sering dipakai oleh pendaki gunung adalah via jalur Cidahu Sukabumi. Trek yang ditawarkan untuk sampai ke Puncak Salak I adalah melintasi akar-akar pohon dan lumpur sehingga kaki bisa terpelosok, serta jalur yang sangat sempit dan juga curam.

Pada sisi kiri dan kanan jalan berupa jurang yang curam serta dalam dan pada jalur ini ditutupi rumput, pohon serta akan melintasi lebih banyak akar dan bebatuan. Dijalur berikut nya kalian akan menemukan jalur yang menajak tajam serta kalian wajib memanjat menggunakan tali webbing atau tambang yang sudah tergantung di trek untuk melewati tebing batu yang curam.

Hal menarik sekaligus memicu adrenalin adalah jalan yang terbentuk dari jalinan akar pepohonan. Jalan akar itu bisa dilewati dengan cara menghadap ke pohonnya dan mencengkeramnya untuk pegangan. Sementara itu, di bawah dan di belakang menganga jurang dengan kedalaman ratusan meter.

Puncak Salak I memang memiliki ketinggian yang tidaklah setinggi gunung gunung yang lain. Tetapi, berapa jam kah waktu yang kalian butuhkan untuk sampai ke Puncak Salak I dengan trek pedas yang disuguhkan ? Untuk sampai ke Puncak Salak I via Cidahu Sukabumi, kalian harus melewati jarak sepanjang 7.4KM dengan perincian sbb :

  • Basecamp – Pintu Rimba ( Jika berjalan kaki, maka dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan trek terus menanjak. Tetapi bagi kalian yang mau save energy kalian bisa naik ojek dari basecamp dengan tarif Rp 10.000,- )
  • Pintu Rimba – Simpang Bajuri ( 2.4 KM )
  • Simpang Bajuri – Puncak Salak I ( 5 KM berarti 50HM, selama perjalanan kalian akan menemukan beton kecil yang bertuliskan 1 HM, 2 HM dst sampai 50 HM. Itu bisa dijadikan patokan sudah seberapa jauh kalian berjalan, karena 50HM merupakan puncak dari Gunung Salak I )

Penulis sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 12 jam dengan jumlah 17 orang. Untuk sampai ke Puncak Salak I, penulis  ditemani dengan hujan deras dan jalur yang becek serta licin. Oh iya, penulis tidak naik ojek lhoh saat berangkat dan lebih memilih jalan kaki santai sambil pemanasan. Tetapi saat pulang, penulis sambung ojek dari pintu rimba menuju basecamp karena sudah sangat kelelahan.

Note lagi, trek ini hanya menyuguhkan bonus sangat sedikit dan sisa nya terus menanjak tanpa henti dan semakin curam. So, siapkan fisik kalian untuk mendaki Gunung Salak I.

Baca Juga