Kemah Relawan Nusantara: Dua Hari Membumi, Dukung Indonesia Lestari

Bulan September adalah salah satu bulan istimewa karena terdapat kegiatan besar dengan tajuk “Kemah Relawan Nusantara”.

Terlaksana selama dua hari yaitu 16-17 September 2023 dan berlokasi di Kota Bengkulu.

Aksi Bersih Pantai

Sesi pembukaan jadi agenda pertama, kemudian berlanjut dengan aksi bersih pantai. Pesertanya berasal dari Relawan Nusantara bersama 39 komunitas dan siswa sekolah.

Baca Juga: KKN Desa Kembang

Sebanyak 150 orang peserta turut ambil andil di Pantai Panjang Kota Bengkulu, mulai pukul 07.00-09.30 WIB.

Aksi ini merupakan bentuk nyata kepedulian kita sebagai pemuda untuk menjaga lingkungan sekitar demi lestarinya alam untuk masa depan.

Foto oleh: Idjal Pua Riwa (@id.cal)

Agenda Kemah

Pada hari pertama ini setelah aksi bersih pantai, peserta berpindah lokasi menuju ke tempat selanjutnya yaitu di Taman Mangrove Badrika Jenggalu. Ini adalah lokasi kemah untuk dua hari ke depan.

Peserta maupun panitia mendirikan tenda dan cek kesehatan.

Penghujung senja terselesaikan dengan berbagai games kekompakan seperti estafet balap karung, estafet air, serta estafet tepung.

Foto oleh: Idjal Pua Riwa (@id.cal)

Usai makan malam, ada giat FGD terkait lingkungan. Kemudian ditutup dengan pentas seni.

Foto oleh: Idjal Pua Riwa (@id.cal)

***

Udara pagi hari ke-2 menyapa, kuliah subuh terlaksana setelah sholat berjamaah. Lanjut senam pagi dan game lagi. Kali ini tebak gerakan, “Jerapah” jadi terngiang-ngiang 😂

Kembali ke sesi serius, ada sosialisasi tentang mangrove. Tentunya tidak lupa dengan praktek tanamnya. Cuaca yang teriknya buat kita sering istigfar, ujung-ujung tak jadi masalah dan terabaikan.

Foto oleh: Idjal Pua Riwa (@id.cal)

Setelah istirahat dan bersih-bersih, masih ada sesi tukar kado. Dokumentasi juga jadi hal wajib di setiap sesi kemah ini. And… See ya 👋🏻

Salam kenal dariku: Wina, si paling banyak ngilang selama kegiatan. Mohon maaf jika ada salah ucap dan tingkah laku selama berinteraksi. Terima kasih untuk panitia, sudah mau kami repotkan. Terima kasih juga buat para peserta karena mau bertegur sapa. 🤟🏿

Hits: 196

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: meninggal tapi tidak masuk Surga.

Baca Artikel Lainnya