Gunung

Keindahan Gunung Lemongan, Lumajang

Gunung Lemongan adalah sebuah gunung berapi tipe maar, di Jawa Timur. Gunung ini merupakan bagian dari kelompok Pegunungan Iyang. Puncaknya adalah Tarub (1.651 m). Gunung Lemongan termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yaitu Lumajang dan Probolinggo.

Gunung Lemongan dikelilingi 27 maar yang garis tengahnya berkisar antara 150 dan 700 meter. Beberapa maar mempunyai danau. Gunung Lemongan juga memiliki 60 puncak. Yang saat ini aktif terletak 650 meter di sebelah barat daya puncak Tarub. Danau, di antaranya Ranu Pakis, Ranu Klakah dan Ranu Bedali, terletak di lereng barat dan timur. Maar yang kering terletak terutama di lereng utara. Tidak diketahui letusan maar yang tercatat dalam sejarah.Gunung Lemongan sempat sangat aktif dari tahun 1799, letusan pertamanya yang tercatat dalam sejarah, sampai akhir abad ke-20.

Lemongan sangat cocok untuk pendakian bagi pemula, lemongan memiliki ketinggian 1676Mdpl diatas permukaan laut. Jalur pendakian lemongan sudah sangat jelas banyak String Line di batang pohon dan disekitar bebatuan. Lemongan mempunyai julukan “Kecil-kecil Cabe Rawit”  mengapa demikian ? lemongan memang tidak setinggi gunung-gunung besar seperti Mahameru tapi lemongan memiliki Jalur Trekk yang mainstream, medan lemongan rata-rata bebatuan dan banyak tanjakan-tanjakan menengah .

Jadi jika kalian ke Lumajang jangan lupa ke Gunung Lemongan melihat keindahan Gunung tersebut…

Sumber : wikipedia.org, trekkersmountain.blogspot.co.id, dan google.co.id
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *