Alam & TamanDanau & Sungai

Cermin Di Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Sebangau (TNS) adalah kawasan konservasi alam yang dimiliki oleh Provinsi Kalimantan Tengah. Taman ini diapit oleh beberapa sungai, yaitu Sungai Sebangau dan Katingan. Selain itu Sungai Kahayan juga mengalir melewati kawasan TNS. Taman nasional ini merupakan lahan hutan gambut yang dilalui beberapa sungai, salah satunya Sungai Koran yang berair hitam. Warna ini bukanlah hasil limbah, melainkan zat tanin yang ada di dalam rawa gambut.

Foto by Pegipegi

Mungkin belum banyak yang mendengar mengenai Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah (Kalteng). Lokasinya sangat mudah diakses dari ibukota provinsi Kalteng, Palangkaraya. Hanya 15 menit perjalanan dari Kota Palangkaraya, anda akan tiba di Desa Kereng yang menjadi gerbang utama TN Sebangau. Taman Nasional Sebangau masuk dalam tiga wilayah yakni Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Pulang Pisau.

Foto by Backpacker Borneo

Salah satu sensasi ketika datang ke Taman Nasional Sebangau adalah naik speedboat diantara hutan nipah yang tumbuh mengelompok tak beraturan bak labirin. Anda harus ekstra hati-hati ketika jalur yang dilalui speedboat cenderung sempit.

Untuk menikmati alam liar khas Kalimantan dan uniknya “sungai hitam”, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tergantung banyaknya peserta. Harga satu speedboat lengkap dengan dua pemandu adalah kurang lebih Rp 500.000.

foto : superadventure.co.id

Air ini sekaligus menjadi nyawa bagi kehidupan aneka jenis flora seperti pohon ulin, anggrek hitam, dan Nephentes alias kantong semar. Apabila masuk jauh ke dalam, hutan rawa gambut menjadi habitat bagi orang utan, bekantan dan beruang madu.

Terletak di Provinsi Kalimantan Tengah, Taman Nasional Sebangau cocok menjadi destinasi wisata bagi penikmat flora dan fauna endemik. Luasnya sekitar 568.700 hektar, selain rumah bagi orang utan juga menjadi rumah bagi 25 jenis mamalia, 116 jenis burung borneo, 36 jenis ikan, serta sekitar 166 jenis flora.

Referensi : https://ksmtour.com/
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *