Berkenalan dengan Asuransi Perjalanan dan Manfaat Besar yang Diberikan

Komentar

Ada beragam jenis asuransi yang memberikan proteksi berbeda-beda. Jika kamu sudah memiliki salah satunya, tentu merupakan hal yang tepat, karena akan membuat keuanganmu lebih sehat dan melindungi mereka yang kamu sayangi.

Selain asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, terdapat pula asuransi perjalanan yang sangat tepat dimiliki travelers.

Sebab, lewat asuransi inilah semua risiko selama perjalanan berlangsung tidak membahayakan kondisi finansial. Misalnya, jika mengalami kecelakaan, maka biayanya akan ditanggung perusahaan asuransi.

Karena itu, asuransi perjalanan berguna banget untuk menghindari kamu dari kerugian finansial yang bisa bikin kantong jebol saat liburan. Gak mau dong pastinya?

Mengenal Lebih Jauh Asuransi Perjalanan

Secara umum, asuransi untuk perjalanan adalah jenis asuransi yang memberikan ganti rugi apabila terjadi risiko di perjalanan.

Sederhananya, jenis asuransi yang satu ini dapat memberikan perlindungan selama perjalanan, mulai dari berangkat hingga pulang.

Misalnya aja, ada keterlambatan penerbangan atau terjadi kerusakan dan kehilangan bagasi, maka kerugian tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi sesuai dengan ketentuan polis.

Banyaknya risiko yang membuat nasabah merugi dalam sebuah perjalanan membuat perusahaan asuransi menyediakan produk asuransi perjalanan.

Lewat produk ini, para nasabah yang terdaftar akan mendapatkan jaminan perlindungan dari berbagai risiko yang sudah disebutkan.

Asuransi jenis ini bisa dibeli secara mandiri dan bisa juga didapatkan sekaligus saat memesan tiket.

Misalnya, tiket pesawat dan tiket kereta api, jika ada risiko penumpang secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi untuk perjalanan yang dilakukan. Karena itu, jika dirasa sering bepergian bisa menimbang untuk punya asuransi ini secara mandiri.

Manfaat asuransi perjalanan

Berikut ini adalah tujuh manfaat asuransi perjalanan yang dijamin bikin kamu makin mantap untuk selalu membeli asuransi setiap akan bepergian.

  1. Kehilangan dan kerusakan bagasi

Kamu pasti sudah sering mendengar cerita koper yang rusak bahkan hilang saat perjalanan. Jika kamu memiliki asuransi perjalanan, maka pihak asuransi akan menanggung risiko kerugian tersebut lho.

Ya, walaupun tak sebanding dengan rasa kesalnya, tapi setidaknya kamu mendapat ganti rugi ketimbang zonk gak dapat apa-apa.

  1. Keterlambatan penerbangan

Dengan menggunakan asuransi perjalanan, kamu juga akan mendapat kompensasi jika penerbanganmu mengalami keterlambatan lho. Untuk nominal uang yang kamu dapatkan umumnya sesuai dengan kesepakatan yang ada pada polis.

  1. Biaya pemulangan jenazah

Meninggal dunia saat sedang bepergian tentu tidak diinginkan oleh siapapun. Tapi, balik lagi namanya ajal siapa yang tahu.

Jika hal terpuruk tersebut terjadi, maka pihak asuransi akan menanggung biaya pemulangan jenazah. Dengan begitu, dapat mengurangi beban keluarga karena biasanya mereka juga akan menanggung biaya penguburan atau kremasi.

  1. Biaya berobat

Pihak asuransi juga akan mengcover biaya pengobatan jika kamu sakit selama perjalanan. Itulah mengapa asuransi perjalanan sangat berguna karena biaya pengobatan tentu akan menguras banyak bujet.

  1. Uang santunan jika meninggal dunia atau cacat permanen

Selama bepergian segala kemungkinan bisa saja terjadi. Salah satunya adalah terjadi kecelakaan yang berakibat fatal, seperti cacat permanen hingga meninggal dunia.

Dengan membeli asuransi perjalanan, maka pihak asuransi akan memberikan santunan kepada keluarga korban sesuai dengan polis yang sudah disepakati.

     6. Biaya perjalanan darurat

Karena satu dan lain hal penumpang perlu melakukan perjalanan darurat untuk kembali ke tempat atau negara asal. Misalnya, ada keluarga yang jatuh sakit atau meninggal. Perjalanan darurat ini kemudian biayanya akan ditanggung oleh asuransi perjalanan.

  1. Kompensasi Kerusuhan

Jika di wilayah atau negara tujuan kemudian mendadak ada kerusuhan dan terancam di sana. Maka nasabah yang memiliki asuransi untuk perjalanan yang dilakukan mendapatkan kompensasi kerusuhan.

  1. Biaya Hukum

Dalam perjalanan tidak tertutup kemungkinan nasabah akan melukai orang lain, karena menyebabkan orang lain terluka. Sehingga mendapatkan tuntutan hukum, biaya untuk mengatasi tuntutan ini aka ditanggung penyedia asuransi.

Daftar Perusahaan Asuransi Perjalanan Terbaik

Merasa memerlukan asuransi perjalanan yang tepat agar senantiasa merasa aman dan nyaman dalam melakukan perjalanan?

Maka perlu segera membelinya, dan di Indonesia sudah ada banyak perusahaan penyedia asuransi jenis ini. Utamakan yang terdaftar OJK dan berikut beberapa rekomendasinya:

  • PT Asuransi Astra Buana
  • PT Avrist General Insurance
  • PT Asuransi AXA Indonesia
  • PT Asuransi Bangun Askrida
  • PT Berdikari Insurance
  • PT Bess Central Insurance
  • PT Asuransi Jasaraharja Putera
  • PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero)
  • PT Asuransi Allianz Utama Indonesia
  • PT Asuransi Artarindo
  • PT Arthagraha General Insurance
  • PT Asuransi ASEI Indonesia

Perusahaan asuransi umum biasanya akan menyediakan asuransi perjalanan, semua perusahaan di atas adalah penyedia asuransi umum. Semuanya menyediakan asuransi untuk perjalanan sehingga bisa dijadikan pilihan.

Apalagi seluruh daftar perusahaan tersebut sudah terdaftar OJK sehingga dijamin aman dan juga profesional.

Baca Juga