Banyu Tibo Punya Pacitan

Banyak dari beberapa Traveller yang bingung membedakan antara Banyu Tibo ataupun Banyu Anjlok. Kedua wisata pantai ini memang dari namanya sangat mirip, namun lokasi dari kedua pantai ini berbeda letaknya. Jika Banyu Anjlok terletak di daerah Dampit, Malang Selatan, Di Pacitan juga punya wisata yang serupa bernama Banyu Tibo

_20161008_225226

Pantai Banyu Tibo ini lebih tepatnya terletak di Desa Widoro Kecamatan Donorejo Pacitan. Di Pacitan memang memiliki banyak sekali gugusan pantai yang sangat indah dan di kenal oleh para Wisatawan termasuk salah satunya yang saat ini menjadi booming adalah Pantai Banyu Tibo. Banyu Tibo dalam bahasa Indonesia berarti “air yang jatuh”

Keunikan dari pantai ini di bandingkan dengan pantai pantai lainnya adalah di di sini terdapat air terjun yang mana air terjun ini langsung jatuh ke bibir Pantainya. Air terjun ini berasal dari sungai yang ada di atasnya dan merupakan air tawar. Debit air yang jatuh juga lumayan besar sehingga bisa kita gunakan untuk mengguyur badan setelah bermain main air laut di Pantai.

Pantai yang ada di Banyu Tibo memang tidak seberapa besar, Pantai ini berbentuk cekungan yang di kelilingi oleh tebing di atasnya dan di tengah tengah terdapat air terjun yang langsung jatuh bermuara ke laut, inilah yang menjadi ciri khas dari Banyu Tibo. Ombak yang lumayan besar menyapu bibir pantai dan kadang jika air laut pasang sebagian dari bibir pantai ini Tergenang air. Namun, jika air sudah kembali surut kita bisa menuruni bibir pantai dari atas bukit dengan menggunakan anak anak tangga yang sudah di pasang untuk bermain air di Pantai ataupun berbasah basahan di air terjunnya.

Sangat menarik bukan, tak hanya pantai tapi kita juga bisa menikmati guyuran kesegaran air terjunnya. Pantai Banyu Tibo masuk ke dalam gugusan pantai selatan yang memiliki ombak laut yang lumayan tinggi, karena itu sangat tidak disarankan untuk berenang di pantai. Namun, tak perlu kuatir kita masih bisa menikmati dan mengexplore keindahan pantai banyu tibo ini.

Di Lokasi wisata ini sudah terdapat berbagai fasilitas seperti Mushollah, kamar mandi, area parkir dan juga warung makan. Penduduk di sini juga sangat ramah tamah. Jadi, tunggu apalagi?  Tertarik mengunjungi Pantai cantik ini bukan.

Hits: 294

Baca Artikel Lainnya