8 Destinasi yang wajib dikunjungi bila kamu berlibur ke Sumba

Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas wilayahnya 10.710 km², dan titik tertingginya Gunung Wanggameti (1.225 m). Sumba berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut, Flores di timur laut, Timor di timur, dan Australia di selatan dan tenggara. Selat Sumba terletak di utara pulau ini. Di bagian timur terletak Laut Sawu serta Samudra Hindia terletak di sebelah selatan dan barat.

Nah buat temen-temen yang ingin berkunjung ke Sumba, Sangat diwajibkan untuk mengeksplore keindahan wisata yang ada di pulau ini. Beragam wisata baik budaya, alam maupun kuliner ada dipulau yang terkenal dengan julukan Overland (Lebih dari Pulau). Berikut ini refrensi 8 destinasi yang wajib kamu kunjungi bila kamu ke Sumba.

1. Mengenal Adat Sumba di Kampung Tarung

Kampung Adat Tarung sumba (foto: Informasi Pariwisata NTT)

Kampung Adat Tarung adalah sebuah perkampungan kecil yang terletak diatas bukit dengan ketinggian sekitar 100 meter dari permukaan laut. Kampung Adat Tarung bukanlah kampung biasa melainkan salah satu kampung yang memegang teguh adat leluhur dan budaya turun temurun hingga saat ini. Itulah sebabnya Kampung Adat Tarung menjadi salah satu kampung wisata jika kita datang ke Sumba. Oh ya Kampung Adat Tarung terletak di Kota Waikabubak, ibu kota Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

Bentuk Rumah Kampung Adat Tarung (foto : gitaditya.blogspot.co.id)

Selengkapnya baca disini : Ingin Mengenal budaya Sumba ? Kampung Adat Tarung Tempatnya

2. Berenang di Danau Weekuri

Danau Weekuri sendiri memiliki air yang sangatlah jernih bagaikan kaca dengan kedalaman air yang gak terlalu dalam, sehingga sangat cocok untuk sekedar bermain air dan berenang. Tersembunyi di balik pepohonan rimbun dan semak belukar serta jauh dari keramaian kota, suasana di sekitar danau masih sangatlah asri dan sejuk.

foto : jalanjalancihuiii

Danau Weekuri terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Danau Weekuri mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan belakangan ini karena memiliki karang raksasa yang berdiri kokoh mirip dermaga di tepi pantai.

Selengkapnya baca disini : Danau Weekuri, Laguna Sebening Kaca Yang Terselip Di Sumba Barat

3. Menikmati Sunset di Pantai Walakiri

foto : eryradixa

Pulau Sumba yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini memang masih asli dan alami bahkan banyak yang mengatakan Sumba adalah gambaran Pulau Bali 30 tahun yang lalu. Sumba memiliki banyak pantai yang, salah satunya adalah Pantai Walakiri yang berada tepatnya di  wilayah  desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur.

Pantai ini cukup mudah diakses karena jaraknya tidak terlalu jauh dengan pusat kota Waingapu yakni sekitar 24 km. Dengan kendaraan – memilih ke arah timur menuju Malolo – pantai dapat ditempuh sekitar 30 menit. Sesampainya di pantai, maka pengunjung akan disuguhkan pemandangan hamparan pasir putih, deretan pohon kelapa dan cemara di pesisir pantai, biru laut serta pohon bakau (mangrove) yang membentang di sebelah barat pantai.

Selengkapnya baca disini : Semburat Jingga Yang Manja Di Pantai Walakiri

4. Menikmati kesegaran Air Terjun Tanggedu

Instagram @ronindra82

Air Terjun Tanggedu yang menjelma surga di ujung Timur Sumba ini merupakan salah satu objek wisata baru yang wajib banget masuk dalam list destinasimu. Tanggedu merupakan desa terpencil yang masih jarang diakses oleh wisatawan, namun kini ia menjelma bak primadona terlebih di kalangan wisatawan.

Sumber : IG @lesmanpasaribu

Wisata baru ini pastinya memiliki lingkungan yang masih asri. Airnya yang segar dan meyejukkan pasti akan menggoda setiap wisatan untuk bermain air melepas penat sejnak. Memiliki lingkungan yang terdiri atas bebatuan menyerupai relief, menjadikan Air Terjun Tanggedu ini unik dan menarik.

Selengkapnya baca disini : Air Terjun Tanggedu; Secuil Surga di Ujung Timur Sumba

5. Melihat Kuda di Savana Puru Kambera

foto : google

Dan kali ini aku akan mengenalkan salah satu si cantik yang gak boleh kamu lewatkan ketika kamu mengunjungi Tanah Sumba. Yap Savana Puru Kambera.  Savana Puru Kambera ini cukup terkenal dikalangan pelancong karna namanya yang sama dengan nama pantai di sumba timur. Yaitu Pantai Puru Kambera.

foto : google

Untuk bisa menuju kesini, kamu juga bisa sambil menikmati keindahan pantainya yang cukup luas dengan bulir bulir pasir putih yang indah bagaikan mutiara ditanah sumba. Jarak dari pantai ke padang savana adalah 2-3 km.

Selengkapnya baca disini : Savana Puru Kambera, Primadona Wisata Di Tanah Sumba

6. Berburu Seja di Pantai Bwanna

Ada yang menyebutnya Pantai Bwanna ada juga yang menyebutnya Pantai Mbawana, yang pasti Pantai ini masuk nominasi Anugerah Indonesia II 2017 sebagai Tujuan Wisata Baru Terpopuler. Pantai Mbawana biasa juga disebut Pantai Batu Bolong  terletak di Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Jaraknya sekitar 59 kilometer dari Bandar Udara Tambolaka dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 22 menit.

Apa sih yang menjadikan Pantai Mbawana begitu istimewa? Bahkan Majalah Traveling Swedia, RES, terbitan September 2017 menyatakan bahwa ada 3 hal yang harus dilakukan apabila Anda ke Sumba salah satunya adalah menjelajahi Pantai Mbawana!

Selengkapnya baca disini : Berburu Senja di Pantai Mbawana, Sumba

7. Melihat Savana di Bukit Wairinding

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Bersyukurlah kamu lahir dan tinggal di Indonesia, sebuah negara yang tak pernah habis akan sumber daya dan keindahan alamnya dari Sabang sampai Merauke. Salah satunya adalah Tanah Sumba bagian timur. Sebuah daerah yang dianugerahi berbagai macam pesona alam yang tak dimiliki oleh daerah lain di Indonesia.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Dengan kondisi topografi alamnya yang didominasi oleh rangkaian pegunungan dan perbukitan kapur, menjadikan alam di Sumba Timur yang eksotik ini berbeda dari kabupaten lainnya di NTT. Bukit Wairinding contohnya. Terletak di Bagian Timur Sumba, Kecamatan Pandawai. Dan 25 Km dari pusat Kota Waingapu. Fyi, bukit ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting video klip lagu “Man Upon The Hill”, salah satu band indie “Stars & And Rabbit” bergenre Folks dari Indonesia.

Selengkapnya baca disini : Bukit Wairinding, Permadani Taman Surga Di Tanah Sumba

8. Menimati Kesunyian di Pantai Marosi

foto : komodotrips.com

Sumba Barat memiliki sejumlah pantai yang menjadi tujuan dan daya tarik bagi sektor pariwisatanya. Salah satunya adalah Pantai Marosi. Pantai ini terletak di Kecamatan Lamboya. Anda tak perlu waktu lama untuk menempuh perjalanan dari Waikabubak menuju lokasi. Cukup melakukan perjalanan darat selama lebih kurang satu jam saja. Bahkan anda juga tidak dikenakan biaya retribusi saat memasuki wilayah pantai ini.

Pantai Marosi adalah pantai yang benar-benar sepi pengunjung. Ini adalah tempat rekomended bagi kalian yang ingin menghilangkan kejenuhan dari lelahnya beraktifitas. Keindahan yang belum terlalu banyak dijamah oleh orang-orang, tentunya menjadi sebuah nilai lebih bagi Marosi. Bahkan dalam kondisi teramainya pantai ini masih bisa dinikmati secara tenang dan nyaman. Untuk panorama tentu saja tidak usah diragukan lagi.

Selengkapnya baca disini :  Pantai Marosi, Surga Yang Jarang Terjamah di Sumba Barat

 

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini sendiri terdiri dari empat kabupaten: Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur. Kota terbesarnya adalah Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur. Kota tersebut juga terdapat bandar udara dan pelabuhan laut yang menghubungkan Pulau Sumba dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia seperti Pulau Sumbawa, Pulau Flores, dan Pulau Timor. So siapkan cutimu dan ayo segera datang ke Sumba.

Hits: 2892

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Baca Artikel Lainnya