5 Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Beras yang Ampuh

5 Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Beras yang Ampuh

5 Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Beras yang Ampuh
Photo: Pexels.com

Beras yang disimpan cukup lama atau salah dalam penyimpanan bisa menjadi apek sehingga setelah dimasak kurang enak. Anda bisa melakukan beberapa hal ini agar bau tersebut hilang. Cara menghilangkan bau apek pada beras bisa dilakukan dengan mudah, bahkan dapat menggunakan bahan yang ada di dapur. 

Kualitas beras yang diolah bisa berpengaruh pada selera makan keluarga. Bukan hanya lauk yang digunakan untuk teman makan, nasi yang dimasak dari beras berkualitas perlu mendapat perhatian. Jika beras yang Anda simpan ternyata sudah bau apek, jangan langsung membuangnya, Anda masih bisa memanfaatkannya dengan beberapa cara. 

5 Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Beras yang Ampuh

Cukup banyak cara alami yang bisa Anda lakukan agar beras yang disimpan tetap awet dan tidak menjadi bau apek. Selain mudah, cara ini sudah terbukti bisa menjaga kualitas beras yang Anda simpan. 

1. Angin-anginkan dan Jemur di bawah sinar matahari

Menyimpan beras dalam wadah tertutup sering dilakukan agar tidak ada kotoran yang masuk. Namun cara ini jika dilakukan dalam waktu lama justru akan membuat beras menjadi apek karena kelembaban udara terjebak di dalam wadah tersebut. Sesekali buka tutup dan angin-anginkan beras di dalamnya untuk menghilangkan udara yang ada dalam wadah agar tidak apek.

Selain itu, kelembaban udara pada beras bisa menurunkan kualitasnya karena akan membuat bahan makanan ini menjadi hitam, mudah ditumbuhi jamur dan timbul bau apek. Agar hal ini tidak terjadi, jemur beras di bawah sinar matahari sampai kadar kelembabannya turun.

Selain itu, cukup penting juga untuk menjaga kebersihan dapur agar udara tetap bersih, tidak timbul bau kurang sedap dan tidak mudah tumbuh jamur, termasuk di wadah penyimpanan beras yang dapat menyebabkan bau apek. 

2. Jaga Kebersihan Dapur

Menjaga kebersihan dapur juga sangat penting termasuk tempat-tempat penyimpanan beras sekaligus rak-rak dapur. Pasalnya, dapur yang kotor bisa memicu munculnya kutu yang membuat beras menjadi apek. 

Untuk itu, senantiasa bersihkan dapur dengan cara mencampurkan sedikit sabun cuci piring dengan air. Kemudian bersihkan area-area dapur secara menyeluruh. Anda bisa memilih sabun cuci piring murah tetapi berkualitas seperti Sparkle. 

Dengan formula yang lembut di tangan dan aroma jeruk nipis yang segar, sabun ini bisa Andalkan untuk penggunaan sehari-hari. Selain itu, sabun cuci piring dari Sparkle juga ampuh untuk membersihkan noda yang membandel di piring. Anda bisa mendapatkan sabun Sparkle di Blibli. 

Blibli merupakan marketplace ternama yang menyediakan semua kebutuhan rumah tangga. Berbelanja di Blibli mudah dan cepat. Harga barang yang disediakan juga sesuai dengan kualitas, apalagi Blibli sering mengadakan promo sehingga semua pembeli bisa berbelanja dengan lebih hemat. 

3. Tambahkan daun jeruk

Daun jeruk bukan hanya dapat menjadi bumbu penyedap masakan, tetapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau apek pada beras. Tumbuk beberapa lembar daun jeruk dan masukkan pada wadah penyimpanan beras. Daun jeruk tidak hanya bisa menghilangkan bau apek, tetapi juga dapat membuat nasi yang dimasak mempunyai aroma yang lezat. 

4. Tambahkan daun pandan

Bukan hanya daun jeruk, daun salam juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau apek dari beras dan menambah aroma nasi yang dimasak menjadi semakin lezat. Cara menghilangkan bau apek pada beras dengan menggunakan daun pandan juga sangat mudah.

Cukup memasukkan beberapa potongan daun pandan pada beras yang akan dimasak. Bau apek akan hilang dan nasi yang dimasak akan mempunyai aroma yang menggugah selera makan. 

5. Cengkeh

Salah satu rempah-rempah ini mempunyai aroma yang lezat dan sudah sering digunakan sebagai penyedap masakan. Ternyata cengkeh juga bisa menghilangkan apek pada beras. Cara menggunakan cengkeh untuk mengusir apek juga sangat mudah. 

Cengkeh merupakan desinfektan alami yang aman untuk bahan makanan. Masukkan sejumpuh cengkeh ke dalam wadah penyimpanan beras, maka bau apek pun akan segera hilang. Anda juga bisa menggunakan cengkeh untuk menghilangkan bau pada sepatu dan rak pakaian. 

Itulah berbagai cara menghilangkan bau apek pada beras yang bisa Anda lakukan. Pastikan Anda melakukan berbagai cara ini agar beras awet dan bebas dari apek sehingga bisa diolah menjadi nasi yang enak untuk dinikmati seluruh anggota keluarga.

Hits: 59

Maya Nirmala Sari

Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia.

Baca Artikel Lainnya