Sarasah Barasok

Trip Ekstrim ke Sarasah Barasok

Sarasah Barasok merupakan air terjun yang berada di Kenagarian Maek, Banja Loweh, Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Kata ‘Sarasah’ berarti Air Terjun, dan ‘Barasok’ berarti Berasap. Berasap yang dimaksud adalah air yang menghempas di bebatuan besar dan pecah menjadi rintik-rintik embun yang menyerupai asap.

Baca juga: Pelangi Abadi di Air Terjun Pelangai Gadang

Akses jalan menuju lokasi air terjun ini memang cukup sulit, karena berada di dalam hutan. Mencapainya membutuhkan waktu dua sampai tiga jam dengan berjalan kaki dari titik terakhir kendaraan bermotor. Tidak ada biaya retribusi sama sekali untuk lokasi satu ini.

Perjalanan panjang ditempuh dengan berbagai rintangan. Di mulai dari jalan setapak melewati kebun jeruk warga dalam keadaan cuaca terik, dengan pemandangan sekeliling nan indah.

Sarasah Barasok

Disambut dengan jalanan tanah keras nan terjal, kemudian memulai rute hutan. Kita akan melewati jembatan kecil yang di sekitarnya ditumbuhi Kantong Semar.

Lanjut menanjak dan menuruni bukit, dan terus masuk ke dalam hutan dengan vegetasi rapat. Rintangan selanjutnya adalah menyeberangi sungai dengan pijakan batang kayu yang sudah tumbang.

Tiba di puncak, menuruni lembah, dan melewati deretan bebatuan besar. Pijakannya hanya seukuran satu kaki. Jika naas terjatuh, kita akan disambut langsung oleh jurang.

Rintangannya hanya itu saja? Tidak! Ini yang terberat. Menuruni jurang dengan kemiringan sekitar hampir 90°, hanya bermodal pegangan dari akar-akar pohon dan tali rami.

Eh iya… sepanjang perjalanan walau rintangannya sulit, tapi banyak bonusnya lo. Ada lokasi pinggiran sungai yang bisa dijadikan lokasi rehat dan selter. Ada beberapa air terjun kecil juga di sepanjang jalan, dan bisa melihat langsung tanaman rotan lengkap dengan buahnya.

Di akhir perjalanan setelah berlelah-lelah, bertemulah dengan sang primadona yang diperjuangkan. Tingginya lebih kurang 50 meter. Kebayangkan gimana kuatnya hempasan air di dasar. Di sekeliling air terjun, ditumbuhi bunga hutan berwarna kuning. Ini menambah keindahan akan air terjun tersebut.

 

Hits: 241

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: mati tidak masuk Surga

Baca Artikel Lainnya