Segarnya Es Lidah Buaya khas Pontianak

Dikenal dengan Kota Khatulistiwa, tentu udara di Kota Kalimantan tak perlu dipertanyakan lagi. Oleh karena itu, masyarakat di Kota Pontianak Kalimantan Barat, menawarkan minuman khasnya untuk mengantisipasi kondisi iklim yang ada. Minuman yang dikenal dengan Es Lidah Buaya ini menyajikan aroma kesegaran bagi penikmatnya.

sumber foto:id.openrice.com

Siapa yang menduga tanaman Lidah buaya alias bahasa biologinya Aloevera ini bakalan menjadi minuman favorit di Kota Borneo. Ternyata tak hanya dipercaya sebagai vitamin alami untuk rambut, lidah buaya ini malah menjadi minuman yang segar dan nikmat untuk disajikan khususnya pada siang hari. Dengan bahan baku utama Lidah buaya yang sudah didiamkan terlebih dahulu untuk mengurangi kadar getahnya, kemudian batang lidah buaya dikupas dan diambil daging dalamnya saja. Kemudian daging lidah buaya yang sudah dikupas tadi, dipotong dadu dan di rendam dalam air garam untuk menghilangkan rasa gatal. Setelah itu direbus sebentar bersama gula batu.

sumber foto: fahmi-artcolection.blogspot.com

Untuk menikmatinya bisa ditambahkan potongan atau perasan jeruk lemon untuk menambah sensasi kesegaran. Minuman sederhana Es lidah Buaya khas Pontianak iini bisa dengan mudah dijumpai di kedai minuman dan cafe-cafe dengan harga terjangkau sekitar Rp. 6.000,- per gelas. Bahkan tak jarang jika disekitaran jalan, kita akan menjumpai para pedagang yang menjajakan batang lidah buaya baik yang masih utuh maupun sudah dikupas. Mengingata manfaatnya yang luar biasa, karena selain sebagai minuman yang nikmat lidah buaya memiliki peranan dalam menurunkan panas dalam serta penyakit magh.

sumber foto: food.detik.com

Tak sekedar dibuat minuman yang fresh, batang lidah buaya juga dapat diolah menjadi berbagai varian oleh-oleh seperti manisan, tehh, dodol hingga permen. Coba deh !!

 

 

sumber: kalbar.deliknews.com

 

Hits: 2368

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Baca Artikel Lainnya