Pura Taman Ayun, Taman tercantik di Pulau Dewata

Bali, I’ll be back!

Sudah ku bilang, Bali tak pernah membosankan. Ia selalu meninggalkan rindu yang terus membekas dalam setiap lembaran memory. Salah satunya adalah Pura Taman Ayun, yang dalam bahasa Bali, bermakna taman yang cantik.

Pura Cantik di tengah Pulau Dewata

Berlokasi di Jalan Ayodya, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Pura Taman Ayun berada di atas lahan seluas 4 hektar. Kompleks puranya terdiri dari tiga bagian, yaitu ruang terbuka, bangunan utama, dan bangunan-bangunan yang diperuntukkan bagi dewa dan dewi. Namun, bangunan utamanya lah yang digunakan untuk berbagai kegiatan religius dan panggung kesenian, karena disini kamu bisa menikmati indahnya susunan “meru”, yaitu pagoda dengan atap bertingkat-tingkat khas bangunan pura di Bali.

Memasuki halaman pertama, kamu akan disuguhkan pada pintu gerbang disusul jembatan kokoh yang berdiri di atas kolam. Kemudian, kamu bisa membeli htm seharga Rp. 10.000/orang di loket yang terdapat di sebelah kanan. Ohya, disini juga kamu tidak diperkenankan memasuki pura mengenakan pakaian minim, sehingga petugas pura akan memberimu kain berwarna hijau untuk menutupi tubuh yang terlihat.

Sambil berjalan di halaman pertama, kamu juga bisa mengambil gambar dengan pemandangan hamparan rumput luas disebelah kiri. Disitu juga terdapat tugu air mancur yang mengarah ke 9 arah mata angin. Dan rasanya pasti bikin kamu jadi pengen guling-gulingan.

Memasuki halaman kedua, kamu diharuskan melewati gerbang kedua yang cukup tinggi. Dimana matamu akan tertuju pada bangunan aling-aling bale Pengubengan yang dihiasi dengan relief yang menggambarkan Dewata Nawa Sanga. Di sebelah kanannya terdapat komplek pura kecil dengan nama Pura Luhuring dengan posisi yang agak sedikit lebih tinggi.

Memasuki halaman selanjutnya, dapat diakses melalui dua pintu, yaitu pintu kiri dan kanan. Dua pintu ini berfungsi untuk keluar masuk kegiatan sehari-hari di pura ini. Didalam halaman inilah terdapat beberapa meru menjulang tinggi dengan beraneka bentuk dan ukuran. Unik dan Ikonik banget deh sebagai perwujudan kalo kamu pernah ke Bali. hehehe.

Nah, itulah sekilas tentang Pura Taman Ayun yang cocok banget dimasukin kedalam itinerary traveling kamu. Kenapa ? Karena pesonanya dan daya tariknya luar biasa banget. Dimana kamu akan merasa seperti berada dalam pura yang mengambang diatas air. Nggak percaya ? Dateng aja kesini! Tapi, akan lebih baik jika dikunjungi pada pagi hari. Selain karena masih sepi, cuacanya tidak terlalu terik dan tentunya foto-fotomu pasti gak akan bocor. Selamat berkunjung :)

Hits: 385

fairytalekiky

Menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa.
Dan tulisan-tulisan inilah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di bumi ini.

Baca Artikel Lainnya