Nasi Ulam Betawi

Jakarta? siapa yang tidak tahu akan kota yang satu ini. Jakarta, adalah salah satu kota besar di Indonesia yang sekaligus merupakan Ibukota dari Negara Republik Indonesia. Kota Jakarta selain dikenal dengan kota Metropolitan dengan banyak gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi, Kota Jakarta juga memiliki salah satu jenis kuliner yang khas yaitu Nasi Ulam.

foto : santapsedap.com
foto : santapsedap.com

Nasi ulam adalah hidangan nasi yang dicampur berbagai bumbu dan rempah, khususnya daun pegagan (Centella asiatica) atau kadang diganti dengan daun kemangi, sayuran, dan berbagai bumbu, serta ditemani beberapa macam lauk-pauk. Hidangan ini berasal dari khazanah hidangan Melayu, dan terdapat banyak resep dan variasi yang ditemukan baik di Negara Indonesia maupun di Malaysia.

foto : : kelana-rasa.blogspot.com

DDi Indonesia, nasi ulam dapat ditemukan dalam seni kuliner suku Betawi, ataupun suku Melayu di Pulau Sumatera, serta ditemukan juga di Pulau Bali. Nasi ulam Betawi terdapat dua jenis, nasi ulam berkuah (basah) yang berasal dari wilayah Jakarta Utara dan Pusat, serta nasi ulam kering (tidak berkuah) yang ditemukan di wilayah Jakarta Selatan.

Di Indonesia nasi ulam biasanya dicampur daun kemangi, sambal, dan ditaburi dengan kacang tanah tumbuk, kerisik, atau serundeng (kelapa parut sangrai). Di atas nasi ulam biasanya ditambahkan dengan berbagai macam lauk-pauk untuk teman nasi, seperti dendeng, telur dadar, perkedel, tahu goreng, tempe, dan krupuk.
Ingat Kota Jakarta jangan hanya macetnya saja…tapi ingatlah juga enaknya ragam kulinernya…!!!

 

Editor : DimasGalih.Tourism

Hits: 412

Baca Artikel Lainnya