Museum Kereta Kraton Jogjakarta

Museum kereta keraton Jogjakarta termasuk museum unik yang tidak mudah ditemukan di daerah lain. Koleksi museum ini bukanlah kereta api ataupun kereta uap, melainkan kereta kuda milik keraton kesultanan Jogjakarta. Oleh sebab itu museum ini juga sering disebut Museum Kereta kencana.

Museum kereta keraton Jogjakarta

Kereta-kereta yang sudah berusia ratusan tahun ini dulunya merupakan kendaraan utama kesultanan Jogjakarta. Setiap kereta memiliki nama masing-masing. Penamaan ini dilakukan menurut kepercayaan adat jawa tentang adanya kekuatan pada setiap benda. Memberi nama pada kereta juga dianggap sebagai penghormatan karena telah berjasa dan menjadi benda pusaka keraton.

Mengunjungi museum kereta keraton berarti juga menengok sejarah perjalanan keraton Jogjakarta. Kereta-kereta ini menjadi saksi berbagai peristiwa penting keraton, termasuk menunjukan sejarah teknologi transportasi dan perkembangan diplomatik keraton dengan dunia luar.

Hits: 131

Maya Nirmala Sari

Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia.

Baca Artikel Lainnya