Mercusuar Pulau Sebira, Sang Penjaga Kepulauan Bagian Utara

Inilah sang Penjaga Utara, Sebira. Pulau ini berada di wilayah Kepulauan Seribu paling utara. Lokasinya 100 mil laut alias 160 km dari daratan Jakarta. Mercusuar, sang pemandu kapal, ada di pulau ini sejak zaman Belanda. Kini, Pulau Sebira lebih dikenal dengan ikan selarnya.

foto : trayothegreat.wordpress
foto : trayothegreat.wordpress

Sebira atau juga disebut Noord Wachter alias Jaga Utara. Karena sejak zaman Belanda pulau ini digunakan untuk menandai adanya daratan, sehingga dibangun mercusuar. Satu-satunya mercusuar di Kepulauan Seribu. Pulau ini masih masuk Kelurahan Pulau Harapan. Berpenduduk sekitar 500 orang, pulau berpenduduk paling utara di Kepulauan Seribu ini memiliki luas sekitar 8, 82 Hektar.

foto : travel.kompas.com

Mercusuar ini memiliki11 tingkat untuk keatas, sayangnya ada bagian yang rapuh. Namun, berkunjung dibawahnya pun sudah cukup menyenangkan. Apalagi saat langit cerah. Langit Sebira bukan langit Jakarta yang berwarna kelabu. Langitnya berwarna biru terang, tidak kalah dengan langit Indonesia Timur.

foto : trayothegreat.wordpress

Pantai Timur Pulau Sebira merupakan salah satu spot untuk snorkeling yang ada di pantai timur. Lokasinya depan Dermaga Bagian Timur.  Hal yang paling mudah ditemui di Sebira adalah lahan untuk menjemur ikan asin. Ada di pantai timur, dekat pelabuhan, depan mercusuar. Beberapa diantaranya ditandai dengan patok-patok bambu yang memanjang.

foto : trayothegreat.wordpress

Hits: 662

Baca Artikel Lainnya

Exit mobile version