Menikmati Kebun Teh Malino Highlands yang Sejuk, Sulawesi Selatan

Foto : Triadicl

Makassar adalah salah satu kota besar di kawasan Indonesia Timur yang sering menjadi destinasi wisata. Sebagai salah satu kota besar, segala fasilitas wisata seperti hotel, tempat hiburan, kafe, dan kuliner, semua tersedia di sini. Kota yang terkenal dengan Pantai Losari ini memiliki banyak sekali tempat wisata andalan di sekitarnya, mulai dari pantai, taman laut, wisata sejarah, bahkan tempat-tempat cantik di dataran tinggi, salah satunya adalah Malino Highlands yang berlokasi tidak terlalu jauh dari kota Makassar.

Foto : malinohighland

Dulunya, sebelum berubah nama menjadi Malino Highlands, tempat ini merupakan lahan perkebunan teh seluas 900 hektar dengan ketinggian mencapai 1.200 meter di atas permukaan laut. Melihat lokasi yang menjanjikan sebagai tempat wisata, akhirnya tempat ini disulap menjadi lokasi wisata yang lebih indah, nyaman, dan dapat dinikmati semua kalangan.

foto : malinohighland ( kafe dipuncak malino malam hari)

Selama perjalanan menuju Malino Highlands, Anda akan disuguhi oleh pemandangan jajaran pohon pinus yang terbentang di antara bukit dan lembah. Beragam tanaman tropis tumbuh di sini sehingga membentuk pemandangan hijau nan indah. Saat musim hujan, suhu udara di sini sangat dingin, bisa mencapai 10 derajat Celsius, dan tidak jarang diselimuti kabut. Saat berkendara, cobalah untuk mematikan AC Anda, kemudian bukalah jendela mobil. Rasakan sensasi AC alami Malino yang sejuk lengkap dengan udara yang sangat segar.

Foto : diztouts ( ( kafe dipuncak )

Berlokasi di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut, Malino Highlands juga menjadi salah satu spot favorit bagi para fotografer, atau mereka yang memiliki hobi fotografi. Lanskap tumbuhan teh yang serba hijau dan kondisi tanah berbukit-bukit membuat tempat ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta seni fotografi.

Foto : malinohighland

Tidak jauh dari Malino, terdapat lokasi air terjun yang bisa Anda akses hanya dengan berjalan kaki sejauh 600 meter. Air terjun ini adalah Air Terjun Takapala. Air terjun Takapala berada di sela-sela bukit dan rimbunnnya hutan dengan aliran air yang cukup deras. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 100 meter. Pada ketinggian 20 meter, kabut selalu menyelimuti air terjun ini. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat pelangi di sini.

Foto : hellomakasar

Lokasi

Malino berada di Kecamatan Tinggimoncang, Kabupaten Goa, Sulawesi Selatan. Dari pusat kota Makassar, Malino Highlands berjarak 80 km ke arah selatan. Lokasi dari Malino Highlands terbilang sangat strategis. Untuk menuju tempat wisata ini, Anda hanya memerlukan waktu kurang lebih 2,5 jam dari pusat kota Makassar dan dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan.

Restribusi

Untuk masuk ke area Malino Highlands, Anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar 50.000 Rupiah bagi orang dewasa dan 25.000 Rupiah bagi anak-anak.

Referensi : anekatempatwisata

Hits: 693

Baca Artikel Lainnya