Menelusuri Cidaon Hingga Cibunar Ujung Kulon

Komentar

Sebelah Barat Taman Nasional Ujung Kulon terdapat hamparan padang rumput yang luas. Namanya Padang Pengembalaan Cidaon. Dengan luas mencapai 4 hektar, padang rumput ini menjadi wahana tempat satwa-satwa mencari makan serta berkumpul.

Satwa seperti sapi, banteng, kerbau, bahkan burung merak hingga badak bercula satu selalu datang ke padang rumput ini. Namun untuk badak sudah sangat jarang terlihat karena semakin langkanya binatang yang satu ini. Biasanya mulai pukul 06.00 WIB hingga jam 17.00 petang satwa-satwa ini dengan mudahnya disaksikan.

Jika keadaan memungkinkan, para pengunjung juga bisa menyaksikannya lebih dekat, sesuai petunjuk yang tertera di slebaran buku panduan Cidaon, tidak hanya itu pengunjung difasilitasi sebuah menara teropong yang cukup kokoh berdiri tegak memandangi hamparan padang rumput yang membentang luas di Cidaon.

 

Sepuasnya mengabadikan foto di padang rumput Cidaon pengunjung bias melakukan Hicking menuju padang rumput Cibunar. Sepanjang perjalanan dari Cidaon menuju Cibunar akan disuguhkan pemandangan hamparan pantai dan bentangan hutan alami yang membuat rasa kagum. (abs)

Baca Juga