Melihat lebih dekat wajah Ibu Kota Kalimantan Utara

Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi terbaru yang ada di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan.

Provinsi Kalimantan Utara sendiri berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak Malaysia.

Saat ini, Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda Indonesia, resmi disahkan menjadi provinsi dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012.

Baca Juga Ya :

peta Kalimantan Utara
peta Kalimantan Utara – foto : Sentra Peta

Hampir 40% penduduk suku provinsi Kalimantan Utara adalah Suku Jawa melalui program transmigrasi yang merupakan kelompok terbesar, disusul penduduk asal Sulawesi Selatan.

Selebihnya merupakan penduduk asli Kalimantan yaitu Suku Dayak (Lun Bawang / Lun Dayeh , Kenyah , Murut ) , Suku Banjar, Suku Bulungan, Suku Tidung dan Suku Kutai.

Secara administratif provinsi Kalimantan Utara terbagi kedalam 5 wilayah kota atau Kabupaten, diantaranya :

1. Kabupaten Nunukan, ibu kotanya Nunukan
2. Kabupaten Malinau, ibu kotanya Malinau
3. Kabupaten Bulungan, ibu kotanya Tanjung Selor
4. Kabupaten Tana Tidung, ibu kotanya Tideng Pale
5. Kota Tarakan

Mengenal Ibu Kota Kalimantan Utara

icon kota tanjung selor – foto : Tribun Kaltim

Provinsi Kalimantan Utara menjadikan kota Tanjung Selor adalah sebagai Ibu kota resmi provinsi kalimantan utara atau yang biasa disebut provinsi Kaltara.

Kota Tanjung Selor sendiri sebenarnya terletak di Kabupaten Bulungan yang sekaligus Ibu Kota Kabupaten Bulungan, namun karena kebutuhan dan sedang pembangunan kawasan, maka pemerintahan kalimantan utara maka dipusatkan di kota tanjung selor.

Wajah Kota dilihat dari atas (foto : wikipedia)

Kota Tanjung Selor memiliki sebuah bandara bernama Bandar Udara Tanjung Harapan (IATA: TJS, ICAO: WAGD)[1] adalah Bandar udara yang terletak di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

Bandar udara kelas III ini memiliki ukuran landasan pacu 1.600 x 30 meter dengan permukaan aspal.

Tepian Sungai kota tanjung selor kalimantan utara – (foto : anwareffendi )

Berdasarkan data BPS Kabupaten Bulungan jumlah penduduk sebanyak Tanjung Selor sebanyak 42.231 Orang pada tahun 2012 dengan rincian jumlah penduduk 22.488 laki-laki dan 19.743 perempuan dengan Angka Sex Ratio sebesar 113,90 persen.

Namun data terbaru menjukan peningkatan kepadatan jumlah penduduk Kota Tanjung Selor yang mencapai 51,996 jiwa pada tahun 2018 .

Tentang Kota Tanjung Selor

Masjid Raya Tanjung Selor (foto:youtube)

Kota Tanjung Selor memiliki luas wilayah sekitar 1.277,81 km². dengan luas tersebt kawasan tanjung selor dibatasi oleh beberapa sungai dan pegunungan atau perbukitan dan juga kawasan pesisir pantai.

Mayoritas penduduk Tanjung Selor memeluk agama Islam yakni 78.57%, kemudian Kristen Protestan 16.38%, Katolik 3.68%, Budha 1.23%, Hindu 0.13% dan Konghucu 0.01%.

Tanjung Selor menjadi pusat perdagangan yang ramai pada masanya. hal ini disebabkan wilayah Tanjung Selor yang mejadi kawasan kekuasaan Kesultanan Bulungan terletak pada jalur perdagangan internasional pantai timur Kalimantan.

foto : anwareffendi

Masyarakatnya Tanjung Selor sangat beragam terdiri dari berbagai suku, seperti tidung, bulungan, dayak, bugis, jawa, dan suku-suku pendatang lainnya.

Dengan keragaman suku masyarakat membuat budayanya pun juga cukup beragam, sesuai dengan keradaan suku masyarakatnya.

Namun dengan keragaman itulah membuat dinamika budaya pun mengalami proses akulturasi dan saling menghormati antar budaya dan masyarakatnya.

wajah kota Tanjung selor

Wilayah administratif pemerintahan Kecamatan Tanjung Selor membawahi 3 (tiga) wilayah pemerintahan Kelurahan yaitu : Tanjung Selor Hulu, Tanjung Selor Hilir dan Tanjung Selor Timur serta Membawahi pula 6 (enam) desa, meliputi : Jelarai Selor, Gunung Seriang, Bumi Rahayu, Gunung Sari, Apung dan Tengkapak.

Selain terkenal dengan budayanya yang masih asli, Tanjung Selor juga terkenal dengan wisatanya yang indah. ada banyak tempat wisata di tanjung selor seperti diantaranya Crown Water Sport, Kebun Raya Binusan, pantai amal dan lain-lain.

TUGU CINTA DAMAI (foto : budisusilo85)

Itulah Tadi  Sekilas Ulasan Tentang Kota Tanjung Selor Yang Menjadi Ibu Kota Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara Atau Kaltara. Semoga Bias Menambah Sedikit Informasi Tentang Kota Ini Saat Kalian Akan Berkunjung Ke Tanjung Selor.

Sumber : wikipedia

Hits: 24044

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Baca Artikel Lainnya