Legitnya Kuliner Lapa-Lapa Khas Sulawesi Tenggara

Pernah merayakan lebaran di Sulawesi Tenggara? Pasti kamu tau yang namanya kuliner Lapa-lapa yaa. Lapa-lapa memang menjadi menu utama saat perayaan lebaran di Sulawesi Tenggara dan sekitarnya. Kuliner ini sepintas mirip Lepet/Lepat di Jawa.

lapa-lapa (foto : tina-tinu-wisata)
lapa-lapa (foto : tina-tinu-wisata)

Lapa-lapa terbuat dari beras ketan putih, atau bisa juga ketan hitam, yang dimasak setengah matang bersama santan kelapa. Kemudia dibungkus memanjang dengan lilitan daun kelapa muda dan tali. Lapa-lapa dikukus sampai matang. Rasanya yang legit dan gurih sangat nikmat disajikan bersama dengan ikan asin dan sambal kaluku yang terbuat dari kelapa parut.

lapa-lapa (foto : cendana news)

Ingin mencicipi lapa-lapa tapi nunggu lebaran masih lama? Jangan khawatir, Sobat! Walaupun bukan hari raya, kita masih dapat menemui penjual Lapa-lapa di pasar tradisional maupun toko penjual jajanan. Kalau kamu belum punya kesempatan untuk ke Sulawesi Tenggara, tidak ada salahnya kamu mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Hits: 1433

Maya Nirmala Sari

Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia.

Baca Artikel Lainnya