Jembatan Barito, Pernah menjadi Jembatan Gantung Terpanjang di Indonesia

Satu lagi jembatan terpanjang yang ada di Indonesia yakni Jembatan Barito. Jembatan Barito adalah jembatan yang menghubungkan tepi barat Sungai Barito di Kecamatan Anjir Muara dan tepi timur Sungai Barito di Kecamatan Alalak dekat Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan.

foto : @ini_kalimantan.id

Jembatan Barito diresmikan pada tanggal 24 April 1997 oleh Presiden Suharto dan kala itu sempat menjadi jembatan gantung terpanjang di Indonesia sebelum adanya jembatan Suramadu di Surbaya. Jembatan Barito. Secara administratif, jembatan ini sebenarnya berada di wilayah Kabupaten Barito Kuala dan berjarak 15 km dari Kota Banjarmasin atau sekitar 30-40 menit perjalanan dengan motor atau mobil.

foto : @rahadyan.a

Panjang Jembatan Barito sendiri adalah 1.082 meter dimana bentangan pertama melintasi Sungai Barito  memiliki lebar 800 meter dan bentangan kedua yakni di Pulau Bakut selebar 200 meter. Jembatan Barito terdiri dari jembatan utama sepanjang 902 meter, dan jembatan pendekat 180 meter, dengan lebar 10,37 meter. Itulah mengapa Jembatan Barito masuk kedalam 10 besar jembatan terpanjang yang ada di Indonesia.

foto : @rzah19__
foto : @ahmadmahyudin2710

Jembatan Barito juga menjadi akses penghubung atau Jalan utama lintas Trans Kalimantan dari Banjarmasin menuju ke Palangkaraya ibu kota Provinsi Kalimatan Tengah maupun sebaliknya. Nama lain dari Jembatan Barito adalah Jembatan Pulau Bakut mengingat jembatan ini melintas di pulau kecil yakni Pulau Bakut.

foto : @bayudraditya
foto : @adibdj

Lalu lintas kapal-kapal pengangkut berbagai kebutuhan dan kapal batu bara hili rmudik melintas disungai Barito. Pemandangan lainya yang bisa kita lihat adalah banyaknya anak muda dan warga sekitarnya yang sekedar menghabiskan waktu sore bersantai sembari menikmati kuliner yang ada disekitar jembatan. Tak heran bila sore banyak motor dan mobil berjejer disamping jembatan dan banyak wisatawan yang berfoto dengalan latar Jembatan dan tulisan Jembatan Barito.

Hits: 9034

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Baca Artikel Lainnya