Gunung Merbabu Via Suwanting- Jawa Tengah

1 Komentar

Bagi kalian penggiat naik gunung pasti tidak asing lagi dengan gunung yang terletak diantara Kabupaten Magelang, Salatiga dan Boyolali, Jawa Tengah. Gunung ini akan selalu menjadi salah satu gunung terfavorit bagi para pendaki karena selain bisa membuat kesan tersendiri bagi para pendakinya gunung ini pun memiliki pemandangan yang sangat indah di sepanjang jalur perjalanannya sehingga dijuluki sebagai gunung terindah di Jawa Tengah.

Untuk mendaki ke gunung Merbabu kalian memiliki 5 jalur yang bisa digunakan sbb :
1. Jalur Selo ( Boyolali)
2. Jalur Wekas ( Magelang)
3. Jalur Cunthel ( Magelang)
4. Jalur Thekelan ( Magelang)
5. Jalur Suwanting ( Magelang )

Gunung Merbabu sendiri memiliki ketinggian 3.142 mdpl dan kenteng songo serta triagulasi sebagai puncak tertingginya. Nah, pembahasan perjalanan kali ini yaitu jalur pendakian via suwanting yang terletak di Dusun Suwanting, Desa Bayuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Menurut penduduk setempat jalur ini pernah di buka pada tahun 1990 dan 1998, namun jalur ini kembali di tutup pada tahun 1998 dan pada tahun 2015 jalur ini kembali di buka untuk pendakian. Bisa dikatakan jalur ini pun terbilang sulit untuk didaki.

Berikut perkiraan waktu pendakian via jalur suwanting :

Basecamp – Pos 1 : 1 jam ( melewati Hutan Pinus Lembah Lempong )

Pos 1 – Pos 2 : 2 jam ( melewati Lembah Gosong, Cemoro, Ngrijan dan Lembah Mitoh )

Pos 2 – Pos 3 “Area Camp” : 5 jam ( melewati Lembah Singo, Lembah Manding dan Hutan Manding )

Pos 3 – Puncak Kenteng Songo : 2.5 Jam ( melewati Sabana 1, 2, 3 dan Puncak Suwanting )

Nah, untuk waktu diatas tidak menentu karena tergantung kondisi dan kekuatan dari masing masing pendaki ya gaes. Oh iya, buat kalian yang mau mencoba pendakian via jalur ini, jangan khawatir karena di pos 2 dan jalur 10 menit sebelum pos 3 terdapat sumber air, so bawa air secukupnya yang bisa meringankan logistik di tas kalian.

Baca Juga