Fenomena Batu Dinding Di Rimba Borneo, Kalimantan Timur

Ditengah rimbanya hutan tentu terdapat sebuah keindahan. Begitu pula seperti keindahan yang terdapat diantara rimbanya bumi etam atau yang lebih dikenal dengan sebutan Borneo. Fenomena alam yang ada disana begitu banyak dan menyejukan mata, salah satunya adalah Batu Dinding yang merupakan fenomena alam yang terbentuk dari batuan karst setinggi 125 meter dengan panjang mencapai 150 meter.

Nama Batu Dinding pun masih terdengan asing bagi mayoritas warga Kalimantan Timur. Namun, wisata batu dinding ini menjadi primadona baru bagi warga sekitar. Bagaimana tidak, apabila di akhir pekan tempat wisata ini begitu ramai dikunjungi wisatawan, setidaknya mencapai 1000 orang yang berkunjung di akhir pekan dan 200 s/d 300 orang di hari biasa.

Bukit dinding ini letaknya di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Jika anda hendak bepergian ke batu dinding, susuri saja Jalan Soekarno Hatta, arah Balikpapan menuju Samarinda. Tepat di kilometer 45, sebelah kiri, terdapat gapura, di sebelah kiri jalan. Dari sanalah jalan masuk ke area batu dinding.

Cukup merogoh kocek Rp. 5.000,-/orang untuk tiket masuk ditambah parkir Rp. 10.000,-/mobil dan jika menggunakan motor cukup Rp. 5.000,-/motor. Disarankan ketika menaiki bukit ini menggunakan sepatu gunung atau sandal khusus untuk gunung, dikarenakan kondisi gunung yang begitu terjal dan keamanan kawasan puncak masih sangat minim.

Hits: 1279

Guntur agung

Aku hanya seorang anak kampung kelahiran Purworejo, 12 Januari 1995. Tumbuh besar dengan adat budaya Kota Solo yang sedang mencoba memperpanjang nama sekaligus mengais rejeki di tanah rantau, Jakarta.
Aku adalah orang yang tidak akan mengingat hari, tetapi yang kuingat adalah momen penting dan berkesan sehingga bisa ku curahkan dalam tulisan.

Baca Artikel Lainnya