Danau Sentani – Papua

Komentar

Apa yang muncul di benak kalian jika mendengar kata Papua ? Pasti yang terbenak pertama kali adalah Raja Ampat. Tapi ternyata bukan hanya Raja Ampat, melainkan di Papua juga memiliki destinasi wisata yang tidak kalah bagus nya dari Raja Ampat yaitu Danau Sentani!

foto : travellinghemat

Danau ini terletak di Kota dan Kabupaten Jayapura. Danau Sentani memiliki luas kurang lebih 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Setiap tahun nya bertepatan pada pertengahan Juni, danau ini selalu mengadakan festival supaya menjadi pusat perhatian para wisatawan lokal dan mancanegara seperti tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.

Walaupun bukan laut, Danau Sentani sendiri memiliki kekayaan biota laut yang beragam setidaknya 33 jenis ikan air tawar. Pemandangan disekitaran danau ini masih sangat alami yang ditemani dengan keheningan air nya akan membuat kalian merasa damai seperti berada di surga. Untuk lebih merasakan kedamaian itu, kalian bisa mengelilingi danau dan memanjakan mata kalian dengan menggunakan perahu atau perahu motor yang tersedia dan dapat disewakan.

foto: kabar papua

Nah, di Danau Sentani sendiri terdapat kurang lebih 24 desa yang tersebar dan menghasilkan serta menjual berbagai macam hasil kerajinan tangan seperti lukisan kulit kayu, maupun lukisan batu khas Papua bahkan menurut penduduk sana ini menjadi hasil kesenian terbaik di Papua.

Untuk sampai ke Danau Sentani, kita bisa mengambil penerbangan dengan rute ke Bandar Udara Sentani, Jayapura. Dari Bandara Sentani kita bisa melanjutkan perjalanan menuju Danau Sentani dengan menaiki angkot ataupun ojek dengan waktu kurang lebih 15 menit.

Baca Juga