Danau Kelimutu – Nusa Tenggara Timur

Berbicara mengenai Nusa Tenggara Timur atau yang biasa di singkat dengan NTT, selalu menawarkan keindahan dan pesona yang selalu menjadi daya tarik para wisatawan. Salah satu nya adalah Danau Kelimutu. Danau ini berada di puncak Gunung Kelimutu yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia yang tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

kelimutu

foto : zetaboards

Nama Kelimutu merupakan gabungan kata dari “Keli” yang berarti gunung dan kata “Mutu” yang berarti mendidih. Dan julukan untuk danau ini sendiri yaitu Danau Tiga Warna karena memiliki warna yang berbeda, yaitu biru, merah, putih yang selalu berubah seiring berjalan nya waktu dan yang tidak kalah menarik nya yaitu kalian bisa menikmati sunrise yang terbentang di puncak danau ini.

foto indovolcano

Danau ini memiliki ketinggian 1.631 mdpl dan dengan luas sekitar 1.051.000 meter persegi dan menurut warga yang tinggal di sekitaran tempat ini, warna yang ada pada danau kelimutu memiliki arti nya masing masing yaitu :

Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal.

Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung.

Danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

foto indovolcano

Akses untuk menuju ke Danau Kelimutu kalian bisa melalui jalur udara sbb :Dari kota asal kalian transit ke Denpasar dan dilanjutkan ke Bandara Komodo, Labuan Bajo. Dari Labuan Bajo, kalian bisa menyewa mobil dengan biaya sharecost untuk meminimkan biaya dan dengan memakan waktu perjalanan kurang lebih 9 jam. Nah untuk mencapai puncak gunung ini di butuhkan waktu kurang lebih 30 menit dengan treking.

Nah bagaimana ? amazing bukan danau yang satu ini ? siapakan fisik agar selalu kuat menjalani perjalanan jauh ini gaes.

Hits: 616

Baca Artikel Lainnya