Curug Country & Penangkaran Rusa

Cerita perjalanan di akhir tahun lalu, bersama teman-teman dari komunitas Backpacker Jakarta rencana kami adalah melakukan perjalanan one day trip ke kawasan Bogor yakni Penangkaran Rusa Cariu dan Curug Country.Titik kumpul saat itu adalah kawasan UKI Cawang, sekiranya sudah berkumpul semua kami pun berangkat menggunakan kendaraan sewaan yang telah di sediakan. Ada mungkin lama perjalanan antara 3-4 jam akhirnya kami tiba juga lokasi. Wisata Giri Jaya,atau biasa disebut sarana edukasi Penangkaran Rusa Cariu terletak di Desa Buana Jaya, kecamatan Tanjung Sari – Bogor.

penangkaran rusa 8

Jembatan menuju penangkaran Rusa

Memasuki area parkir jalanan menurun lumayan curam berbatu tanpa aspal kendaraan terus melaju hingga tiba di area parkir. Untuk masuk ke lokasi area kami membayar retribusi terlebih dahulu dan untuk menuju ke penangkaran kami harus melewati jembatan gantung terbuat dari bambu, harap di ingat maximal orang yang berada di jembatan tidak boleh lebih dari 10 orang. Dibawah jembatan ini terdapat hulu sungai Cibeet yang merupakan aliran sungai citarum. Di sungai itupun terdapat bebatuan alam yang menghiasi sisi-sisi sungai.

foto bersama rusa sebelum eksplore tempat lainya

Setelah melewati jembatan kami langsung menuju lokasi penangkaran yang berjarak kurang lebih 500 meter, track nya tidak terlalu sulit hanya jalan setapak dengan kondisi yg cukup nyaman. Sekitar 15 menit tiba juga di are rusa berada. Tempat penangkaran ini berdiri di lahan seluas kurang lebih 5 hektar dengan rusa-rusa yang berkeliaran bebas di padang rumput, dengan beberapa pohon pinus, karet dan semak melengkapi tertanam di padang sisi padang rumput tersebut. Namun sangat disayangkan sekali saat kami berkunjung tidak banyak rusa yang menampakan diri. Lokasi ini pun telah di lengkapi fasilitas yang cukup memadai, ada warung makan, mushola dan toilet sehingga tidak menyulitkan pengunjung.

Memberi Makan Rusa

Menurut kabar Penangkaran Rusa yang Telah berdiri sejak 1993 ini memiliki puluhan ekor rusa yang terdiri dari jenis Rusa Jawa (Cervus timorensis), Rusa Bawean (Axis kuhlii) dan Rusa Totol ( Axis axis) yang semuanya didatangkan dari beberapa daerah di pulau jawa. Hampir semua rusa di sana jinak dan tanpa malu-malu mendekati pengunjung untuk meminta makanan. Namun keberadaan rusa-rusa itu kini semakin sedikit, oh iya pihak pengelola menyediakan beberapa ubi jalar dipotong kecil yang di jual kepada pengunjung untuk bisa merasakan sensasi memberi makan rusa tersebut secara langsung.

Foto-foto dipenangkaran Rusa

Seusai Ishoma kami melanjutkan perjalanan menuju Curug Country Dimana orang menyebutnya sebagai niagara mini Bogor lantaran viewnya yg cantik dengan debit air yang berjatuhan bertingkat.Terletak di Desa Tanjung Rasa, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Berjarak kurang lebih 3 km dari Jalan Raya Jonggol Cariu. Jalan menuju Curug dari area parkir kendaraan terhubung dengan undak-undakan (anak tangga) yang tertata cukup rapi dan lingkungan yang asri. Namun tetap harus hati-hati karena jalannya masih di dominasi oleh tanah liat sehingga dalam keadaan basah ataupun hujan akses jalan bisa sangat licin.

Lokasi curug dari tempat parkir pun tidak terlampau jauh dari tempat kami memarkirkan kendaaraan, lokasinya memang cukup terpencil bahkan sebagian besar warga Bogor sendiri belum banyak yang mengetahui keberadaan curug ini. Selain masih terbilang cukup sepi dan susananya terasa damai bersyukur sekali saat kami ke sana tidak terlampau ramai pengunjung sehingga kami cukup puas mengeksplore keindahan Curug Country.

Meskipun Curug Country ini tingginya hanya beberapa meter saja, namun aliran air pada bebatuan yang bertingkat-tingkat menciptakan pemandangan yang cukup indah dipandang mata. Gemericik aliran air yang melewati sela-sela batu menciptakan alunan suara yang membuat pengunjung betah berlama-lama untuk menikmati lokasi yang menawan tersebut. Membuat kami tidak sanggup menahan diri untuk tidak bermain di derasnya pancuran dari debit air Curug Country.

Tempat yang saya kunjungi bersama teman-teman hari itu terbilang cukup aman dan nyaman sebagai rekomendasi tempat wisata bersama keluarga. Sebenarnya kedua lokasi ini tak terlampau jauh dari area Jakarta jika melewati tol Cibubur.

Dunia adalah sebuah buku dan mereka yang tidak melakukan perjalanan ibarat seperti membaca satu halaman saja – SAINT AUGUSTINE –

Hits: 1368

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok.

Instagram : @backpackerjakarta
Tiktok : @backpackerjakarta
Twitter : @official_bpj
Facebook : backpackerjakarta
Group Wa : 081237395539

Baca Artikel Lainnya