Coba Deh, Belalang Goreng dari Gunung Kidul

Kamu yang suka berburu wisata kuliner, tentu udah nggak asing dengan jenis kuliner yang bisa dibilang ekstrim satu ini. Yakni, kuliner andalan dari jenis insecta alias serangga ini mesti kamu coba untuk melengkapi agenda berkuliner kamu.

Dikenal dengan nama kuliner Belalang Goreng, sudah pasti makanan ini menggunakan bahan utama belalang. Makanan yang satu ini bisa kamu jumpai dengan mudah di Kabupaten Gunung Kidul. Dengan mengutamakan cita rasa, jenis kuliner yang tampil beda ini diracik dengan bumbu-bumbu yang sederhana saja. Seperti ketumbar, bawang putih dan garam serta penambahan cabai sebagai sensasi rasa pedas yang menggiurkan. Dengan pengolahan yang sempurna tentu saja sebelum dimasak dengan bumbu, belalang-belalang yang lucu-lucu tersebut dibersihkan terlebih dahulu seperti kotoran dan bagian kaki bawahnya agar aman untuk dikonsumsi.

 

Jenis kuliner berprotein tinggi ini selain bisa kamu makan sebagai cemilan yang unik, bisa juga kamu santap dengan nasi pulen hangat. Seperti masyarakat Gunung Kidul sendiri telah menjadikan kuliner satu ini sebagai menu lauk pauk yang nikmat untuk dihidangkan. Jenis belalang yang diolah pun bukan asal belalang, melainkan biasanya masyarakat mengolah jenis belalang kayu yang dapat dengan mudah dipelihara atau dibeli di beberapa produsen belalang.

Pertama kali memakannya pun akan terasa aneh, namun makin lama disantap cita rasa khas belalang yang gurih dan crispy akan mulai memanjakan lidahmu. Tak heran beberapa pengunjung sering membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Namun, jika kamu tipe orang yang mudah alergi dengan jenis makanan berprotein tinggi sebaiknya kamu jangan asal coba-coba jika kamu tak mau mengambil resiko alergi badan. Penasaran dengan si pedas manis belalang goreng jogja ini, coba deh !!

 

Hits: 668

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Baca Artikel Lainnya