Bukit Lawang Wisata Alam Dan Kawasan Konservasi Orang Utan

Komentar

Tempat wisata Bukit Lawang terletak di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, tempat ini telah menjadi kawasan konservasi orang hutan sejak tahun 1973. Tujuan dibentuknya tempat ini adalah untuk mencegah kepunahan orang hutan akibat perburuan dan perusakan hutan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Objek wisata Bukit Lawang tidak hanya sering didatangi oleh turis lokal, namun juga turis mancanegara. Tempat ini biasanya ramai saat musim liburan tiba.

Sumber : flickr

Selain orang hutan, atraksi utama di kawasan ini adalah pemandangan alamnya yang menawan. Pengunjung yang datang rata-rata dari daerah Medan, Deli Serdang, Langkat, dan Binjai. Di dalam kawasan hutan ini, terdapat sungai Bahorok yang memiliki air dingin dan dari sini anda juga bisa melihat hijaunya Bukit Barisan.

Tempat ini berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang memiliki lahan luas dengan bentangan area hingga provinsi Aceh dan menjadi tempat konservasi alam serta penangkaran orang hutan yang menjadi destinasi wisata menarik di kawasan Bukit Lawang yang diminati oleh para wisatawan mancanegara.

Sumber : bukitlawang.com

Kawasan tempat wisata Bukit Lawang dibelah oleh Sungai Bahorok yang merupakan anak sungai Wampu. Di kawasan tempat wisata pun terdapat beberapa goa yang terbentuk dari proses alam.

Pada umumnya wisatawan mancanegara mengunjungi objek wisata alam Bukit Lawang untuk mengunjungi tempat penangkaran orangutan dan melakukan rafting di aliran sungai Bahorok.

Sumber : travelblog

Apabila kita ingin mengunjungi tempat penangkaran orang hutan di kawasan wisata alam Bukit Lawang ini, kita dapat menempuh dengan berjalan kaki dan menyusuri sungai dengan jarak tempuh waktu +/- 20 menit. Setelah itu kita melanjutkan perjalanan menyeberangi sungai dengan menggunakan perahu kecil yang bertali. Sebagai informasi tambahan, tempat pusat penangkaran orang hutan ini dibuka dua sesi, yaitu pada pukul 09.00 WIB s/d 10.00 WIB dan untuk sesi kedua dibuka pada pukul 15.00 WIB s/d 16.00 WIB.

Sumber : indonesiatourism

Sumber : indonesiatourism

 

Sumber : wikipedia

Transportasi untuk menuju Tempat wisata alam dan kawasan konservasi Bukit Lawang

Untuk menuju Tempat wisata alam dan kawasan konservasi Bukit Lawang dapat kita tempuh melalui jalur udara menggunakan pesawat terbang ke Bandara Medan melalui Bandar Udara Kuala Namu, dan dilanjutkan melalui perjalanan menuju kota Binjai dengan kendaraan umum, dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan dengan jarak sekitar 80 km. Kondisi jalan menuju kawasan Bukit Lawang sangat baik dan sudah beraspal. Untuk informasi jalur akses dan rute perjalanan dari Bandara Kuala Namu menuju Binjai bisa dilihat di google maps.

Resources : Wikipedia.com, direktori-wisata.com

Created by : Guntur

Baca Juga