Berkunjung ke Museum Tembakau – Jember

Komentar

1-good-news-from-indonesia

Guys, apa yang ada di ingatan kamu tentang Tembakau?

“Tembakau = rokok”

Hm,,bukan hanya itu lho kegunaan tembakau.. :D

Nah, jika kita ingin mengetahui lebih jelas tentang tembakau,, ada museum dan perpustakaan  tembakau Jember yang bisa dikunjungi yaitu di Jl.Kalimantan No.1, Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121, telepon (0331) 338396.

Museum dan Perpustakaan Tembakau Jember merupakan museum mengenai tanaman tembakau yang pengetahuannya, dimulai dari sejarah sampai kegunaaan tembakau. Alasan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian & Sertifikasi Mutu Barang Jember sebagai pengelola museum dan perpustakaan tembakau membangun museum ini, yaitu ditunjukan untuk mengubah pandangan masyarakat tentang tanaman tembakau yang tidak hanya menghasilkan rokok, namun juga sudah diproduksi sebagai parfum, biosel, pestisida tanaman dan pupuk organik. Jember juga merupakan salah satu eskportir tembakau terbaik di dunia dan berkualitas, mata pencaharian masyarakatnya pun sebagian besar adalah petani tembakau.

Untuk melengkapi penjelasannya, museum ini menyediakan foto dan video dokumenter Jember serta diperlihatkan juga berbagai macam alat kuno yang digunakan masyarakat jember seperti kotak penyimpanan tembakau dan dan alat Linting rokok.

Jam buka museum senin s.d jum’at jam 08.00 -16.00 dan sabtu –minggu tutup

Oh iyaa..museum ini sering dikujungi wisatawan asing khususnya para mahasiswa yang hanya ingin sekedar tahu atau melakukan riset.

Bagaimana? Tertarik untuk mengetahui lebih rinci kegunaan tanaman tembakau?

Teks dan gambar: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/07/23/asyiknya-berkunjung-ke-museum-tembakau-di-jember

http://beritapatroli.com/jember-punya-museum-dan-perpustakaan-tembakau.html

http://jatim.antaranews.com/lihat/berita/157901/melongok-museum-tembakau-di-jember

http://www.kompasiana.com/amirul685/museum-tembakau-jember-membuka-hati-untuk-tidak-lagi-membenci-tembakau_57fcad82bb9373e918d1bbd4

Created by : Afra

Baca Juga